Bakri Siddiq Siap Tindaklanjuti Arahan Presiden di Rakornas Forkopimda

Bogor – Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dan segenap anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh mengikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Selasa, 17 Januari 2023.

Pada acara yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut, Bakri Siddiq hadir bersama Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Dandim 0101/KBA Letkol Inf Andy Bagus, dan Kajari Banda Aceh Edi Ermawan.

Kelima stakeholder Banda Aceh ini berbaur dengan 4.545 unsur forkopimda se-Indonesia untuk menerima arahan dari Presiden Jokowi yang menekankan kepada seluruh kepala daerah dan anggota forkopimda untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi.

Presiden juga mengapresiasi kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kita harus tetap hati-hati dan waspada karena 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global,” ujar Jokowi.

Semua jajaran diminta hati-hati dan bekerja keras mendeteksi segala informasi dan data di lapangan agar jangan sampai keliru membuat kebijakan. “Sekecil apapun kebijakan, itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” kata presiden.

Selanjutnya, seluruh peserta rakornas mengikuti empat panel diskusi. Adapun Panel I membahas mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi; Panel II penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan berusaha.

Kemudian Panel III membahas soal penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan, dan jaring pengaman sosial; dan Panel IV mengupas stabilitas politik, hukum, pengamanan, dan pengawasan.

Usai acara, Bakri Siddiq menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. “Seperti arahan Bapak Presiden, kita jangan terlena berhasil melewati masa pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi. Kita harus tetap bekerja keras karena tantangan ekonomi global masih di depan mata,” ujarnya.

Banda Aceh sendiri, kata Bakri, juga mampu menangani pandemi dengan baik dan stabilitas ekonomi juga bisa di-manage sehingga berada pada posisi yang baik. “Ini berkat arahan secara terus-menerus dari pemerintah pusat-provinsi dan sinergitas-kolaborasi forkopimda, kerja keras semua jajaran, dan dukungan masyarakat.” (*)

Facebook Comments