Dayah Kota Banda Aceh Dapat Pelayanan Kesehatan dari PKBI Aceh

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh menerima kunjungan LSM Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh melakukan Giat Kespro Goes to Dayah di Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah, Selasa (10/1/2023).

Kunjungan Direktur PKBI Aceh, Eva Khovivah, SH dan tim disambut oleh Kepala Disdik Dayah diwakili oleh Kabid SDM dan Manajemen Muhammad Syarif, S.HI, M.H dan Pimpinan Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah, Abi Syibral Al Malasyi.

Direktur PKBI Aceh, Eva Khovivah, SH dalam kunjungannya menyampaikan bahwa kedatangan ia dan tim ini dalam rangka mendukung program pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengatasi stunting serta program kesehatan di lingkungan dayah. Kegiatan ini diformulasikan “Kespro Goes To Dayah”.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini, katanya berawal saat jajaran PKBI Aceh melakukan audiensi dengan Kepala Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM pada tanggal 5 Desember 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut Pak Muhammad memberikan dukungan maksimal pada PKBI Aceh dalam melaksanakan program penyuluhan kesehatan di lingkungan dayah yang ada di Banda Aceh.

“Untuk teknik dan jadwal pelaksanaan dikomunikasi langsung antara PKBI Aceh dengan dayah yang ada di Banda Aceh. Kegiatan perdana dilaksanakan pada Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah,” ungkap Eva Khoviah.

Lebih lanjut Eva mengatakan dalam kegitan Kespro Goes to Dayah menghadirkan narasumber yang profesional dibidangnya yaitu dokter dan mahasiswa kedokteran untuk pojok layanan kesehatan di lingkungan dayah dimana PKBI juga memiliki klinik kesehatan dan gigi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdik Dayah Banda Aceh melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI, M.H mengapresiasi program PKBI Aceh untuk membantu pemerintah dalam penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, pemeriksaan gigi dan cek kesehatan bagi santri dayah.

“Intinya ikhtiar untuk kemaslahatan santri dayah tentu harus kita dukung, apalagi ini sejalan dengan kebijakan nasional gerakan aksi bergizi bagi remaja di lingkungan sekolah dan dayah,” ungkap Syarif.

Sementara Pimpinan Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah, Abi Syibral Al Malasyi memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi santri dan guru dayah.

Katanya, kegiatan semacam ini sebaiknya berkelanjutan dilaksanakan di dayah, karna sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru dalam bidang kesehatan.(Hus/Hz)

Facebook Comments