Bakri Siddiq Sambut Kunker Bupati Pasaman Barat di Balai Kota

Banda Aceh – Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq menyambut kedatangan Bupati Pasaman Barat, Sumatra Barat, Hamsuardi di Balee Keurukon, Balai Kota Banda Aceh, Senin, 12 Desember 2022.

Hamsuardi datang bersama para Asisten, Staf ahli, Kasatpol, Kepala Kesbangpol, Kadis Sosial, Kepala Bazda, dan sejumlah pejabat lainnya. Turut serta dalam rombongan para pimpinan dan pengurus pesantren se-Pasaman Barat.

Bupati Pasaman Barat mengatakan, tujuan pihaknya datang ke Banda Aceh untuk bersilaturahmi sekaligus belajar. “Kami mendapat kabar bahwa guru-guru kami di Sumatra Barat dulu belajarnya di Aceh,” ujarnya.

“Bagi kami, Aceh suatu daerah yang mulia, Serambi Mekkah. Ketika orang Sumatra Barat ke Aceh, selalu bercerita kepada kami mengenai kondisi terutama bagaimana Aceh menjalankan syariat Islam,” ujarnya lagi yang mengaku sudah lama ingin berkunjung.

Menurut Hamsuardi, untuk menerapkan syariat Islam sama persis seperti Aceh saat belum memungkinkan di kabupatennya. “Harapannya dalam kunjungan ini kami bisa sedikit mengadopsi demi kebaikan umat, terutama tentang dayah yang di sini dikelola oleh dinas khusus.”

Selain itu, pihaknya juga ingin mempelajari best practice Banda Aceh dalam hal pelayanan publik. “Di sini sudah ada Mal Pelayanan Publik (MPP), kalau di sana masyarakat urus KTP/KK masih panas-panasan di luar. 2023, insyaallah sudah ada juga MPP di Pasaman Barat,” katanya.

Kepada tamunya, Bakri Siddiq mengatakan Pemko Banda Aceh siap saling berbagi dengan Pemkab Pasaman Barat. “Motto kami sesuai petuah indatu: Aceh meutaloe wareh, gaseh-meugaseh, bila-meubila (Aceh bersaudara, saling mengasihi, saling membela).”

“Apapun yang dibutuhkan saudara kami di Pasaman Barat, kami siap membantu dan men-support penuh. Begitu pula kiranya, hal-hal baik di daerah bapak mohon di-share juga kepada kami agar daerah kita bisa sama-sama maju dan berkembang ke depan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, pj wali kota turut didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bachtiar, Asisten Administrasi Umum Faisal, dan para Kepala SKPK terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Dari balai kota, Bakri Siddiq mengajak para tamunya untuk berkunjung ke MPP Banda Aceh dan Dayah Terpadu Inshafuddin. Selanjutnya, rombongan menuju ke Masjid Raya Baiturrahman untuk menunaikan salat Zuhur berjamaah. Dari sana, Bakri Siddiq menjamu tamunya dengan aneka kuliner khas Aceh di salah satu rumah makan di Banda Aceh. (*)

Facebook Comments