Tingkatkan Penataan Arsip, Dispersip Kembali Lakukan Pembinaan

Banda Aceh – Tingkatkan penataan arsip yang lebih baik, Dinas perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banda Aceh kembali melakukan pembinaan kearsipan di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag), Rabu (15/11/2022).

Kepala Dispersip Kota Banda Aceh, Alimsyah, S.Pd, MS melalui Kabid Kearsipan Nurjannah,SKM, MKM mengatakan bahwa penataan arsip sesuai kaidah ini akan membuat penyimpanan arsip terjaga keselamatannya, tidak rusak, tidak dimakan rayap, rapi dan sangat mudah dalam pencarian arsip sesuai yang diinginkan.

Selain penataan arsip kedatangan Dispersip juga melaksanakan pengawasan kearsipan, sosialisasi SIKN-JIKN serta membahas tentang pengelolaan arsip dinamis yang meliputi, Pemberkasan Arsip, Penyimpanan Arsip, Pemeliharaan Arsip, Arsip Aktif dan Arsip in aktif.

“Seperti penyimpanan arsip aktif dilaksanakan pada bidang masing-masing pada OPD yang bersangkutan, sedangkan penyimpanan arsip in aktif ada pada sekretariat yang dinamakan record center,” jelasnya.

“Selain itu kita juga sangat berharap di OPD yang telah kita bina agar segera mempersiapkan record center, sehingga proses pengelolaan arsip agar sesuai dengan kaidah kearsipan yang ada,” harapnya.

Pembinaan arsip yang dilakukan di Diskopukmdag Banda Aceh turut dihadiri oleh Sekretaris, Kabid Kearsipan, Kasubbag serta staf Dispersip Banda Aceh.(Hus/Hz)

Facebook Comments