Songsong Tahun Politik, Bakesbangpol Banda Aceh Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Banda Aceh – Tingkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banda Aceh melakukan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi generasi muda yang berlangsung di Arabia Hotel, Selasa (15/11/2022).

Kegiatan sosialisasi yang bertemakan Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Banda Aceh dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekdako, Bachtiar S. Sos, M.Si mewakili Pj Wali Kota Banda Aceh, H. Bakri Siddiq, S.E, M. Si dan dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Muspika Kuta Alam, Camat, Danramil, Kapolsek, Kabag Pemerintahan, Ketua Asokulam dan Keuchik Peunayong.

Dalam arahannya, Bachtiar menyampaikan bahwa keterlibatan pemuda dalam politik sangatlah penting. Sehingga negara harus bersungguh-sungguh dalam mendidik dan mempersiapkan anak muda untuk terus tumbuh melaju mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Salah satunya memfasilitasi ruang yang seluas-luasnya bagi anak muda untuk mengambil peran dan berkreatifitas,” kata Bachtiar.

Ia juga mengajak stakeholder, pelaku partai politik, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kepemudaan untuk menebarkan energi-energi positif dan menyumbang ide serta gagasan yang kronstruktif dalam menyambut perayaan besar demokrasi di tahun 2024 nanti.

“Mari kita menyongsong pemilu serentak 2024 nanti dengan politik ide dan politik gagasan untuk Kota Banda Aceh yang lebih maju, cerdas, beriman, dan sejahtera,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bakesbangpol Banda Aceh Heru Triwijanarko, S.STP, M. Si menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat untuk menggunakan hak dan kewajibannya dalam keikutsertaannya berpartisipasi di bidang politik, sehingga menjadi pondasi dasar dalam berdemokrasi guna membangun kesadaran politik masyarakat terutama bagi generasi muda di Kota Banda Aceh.

Menurut informasi dari Plt. Kabid Politik Dalam Negeri Sri Wahyuni SE, sosialisasi pendidikan politik ini diikuti oleh 140 peserta terdiri dari mahasiswa USK, mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry, unsur pemuda gampong dan unsur dari Bakesbangpol sendiri.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Kepala Bakesbangpol Banda Aceh Heru Triwijanarko, S.STP, M. Si, Anggota KIP Banda Aceh Yushadi, Ketua Panwaslih Banda Aceh Afrida, SE dan Akademisi UIN Arraniry Dr. Erita Dewi, S.Ag, M.Hum. (Hus)

Facebook Comments