Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Antropometri Balita

*Optimalkan Peran Kader Posyandu

Banda Aceh – Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menggelar kegiatan pelatihan kader
Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam mengukur antropometri balita di Aula Ibnu Sina, Senin (14/11/2022).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Nita Adlina menyampaikan bahwa Posyandu merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan oleh masyarakat untuk masyarakat.

“Peranan Posyandu saat ini sangat penting sekali terutama dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, kegiatan di Posyandu pada dasarnya dilaksanakan oleh kader,” tutur Nita.

Lanjutnya, secara teknis tugas kader yang terkait dengan pembangunan kesehatan masyarakat antara lain pendataan balita dan melakukan pengukuran antropometri yang salah satunya adalah melakukan penimbangan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS).

“Kemudian melakukan konseling gizi, menyediakan PMT serta melakukan pencatatan dan pelaporan yang selanjutnya akan diberikan pada petugas kesehatan di Puskesmas,” jelas Nita Adlina.

Nita berharap, kader Posyandu dapat lebih terampil dalam melakukan pengukuran antropometri dan interpretasi status gizi dan menambah wawasan dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader posyandu. (TM)

Facebook Comments