Disdik Dayah akan Laksanakan Workshop Akreditasi Dayah

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Workshop Akreditasi Dayah bagi sekretaris dan guru dayah yang akan dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati pada tanggal 20-21 September 2022 mendatang.

Kegiatan yang bertemakan Mewujudkan Tata Kelola Dayah yang Profesional dan Akuntabel menghadirkan pemateri yang profesional diantaranya, Ketua Majelis Akreditasi Dayah Aceh Tgk. Haekal Afifa Asyarwani, S.IP dan Asesor Akreditasi Dayah Aceh, Marwidin, S, Sos.I, M.Ikom, serta diikuti oleh 50 peserta dari seluruh dayah di Kota Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, karna keberadaan Badan Akreditasi Dayah Aceh sebagai lembaga independen yang kini diberi mandat sesuai Qanun Aceh guna melakukan Akreditasi Dayah se Kab/Kota.

“Untuk itulah pelaksanan workshop akreditasi dayah dianggap penting dan strategis,” ungkap Muhammad.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan nantinya peserta akan memahami dengan utuh terkait kebijakan akreditasi dayah, langkah-langkah pengusulan akreditasi dayah hingga memahami lebih dalam instrumen formulir akreditasi dayah.

Dengan harapan seluruh peserta nantinya mampu melengkapi usulan akreditasi dayah dan meraih nilai maksimal sesuai standar, prosedur, kebijakan areditasi dayah Aceh.

Sebagai informasi sesuai penilaian Akreditasi Dayah Aceh Tahun 2021, sebanyak 4 dayah di Banda Aceh meraih Akreditasi “A”, 3 berasal dari Dayah Terpadu (Modern) meliputi; Dayah Terpadu Inshafuddin, Dayah Modern Darul `Ulum, Dayah Modern Babun Najah serta 1 berasal dari dayah salafiyah (Tradisional) yaitu Dayah Madinatul Fata.(Hus/Hz)

Facebook Comments