MAA Kota Banda Aceh Berikan Materi Peusijuk di TK Islam Terpadu Syeikh Abdurrauf

Banda Aceh – Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh memberikan materi tentang Peusijuek kepada anak-anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Syeikh Abdurrauf, Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Selasa (31/08/2022).

Pemateri pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Bidang Benda Pusaka/Khazanah Adat H. Abdul Hamid Husein dan Anggota Bidang Benda Pusaka/Khazanah yaitu Abdul Samad serta Lukman, SH.

Ketua Majelis Adat Aceh Kota Banda Aceh Tgk. H. Zainun Muhammad melalui Kepala Bidang Benda Pusaka/Khazanah Adat H. Abdul Hamid Husein mengatakan adat tentang peusijuek ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak sehingga mereka familiar terhadap adat dan budaya Aceh.

Ia mengapresiasi pihak sekolah yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Sangat kita apresiasikan kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan juga anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Dikatakan dia, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh anak murid saja tetapi gurunya juga ikut andil dalam melakukan praktek peusijuk sehingga guru-gurunya juga mendapatkan ilmu tambah tentang peusijuk.

Dalam memberikan materi tersebut, ia menjelaskan tentang tata cara peusijuek dan menjelaskan peralatan yang digunakan untuk peusijuk.

“Kita jelaskan tata cara peusijueknya, bacaan-bacaan yang harus dibaca dan peralatan peusijuk seperti tiga macam daun yaitu oen sieneujuk, oen manek manoe, naleung samboe, bu leukat, beras padi dan lain-lain,” jelasnya.

Ia menambahkan pada kegiatan tersebut juga dipraktekkan langsung bagaimana proses peusijuek tersebut.(Rid/Hz)

Facebook Comments