Disdukcapil Banda Aceh Adakan Sosialisasi SiHati Online

Banda Aceh – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh mengadakan Sosialisasi Sistem Informasi Akta Kelahiran dan Akta Kematian Online (SiHATI Online) Bagi Operator Rumah Sakit dan Klinik Bersalin, Selasa (21/06/2022) di Balai Keurukon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada operator rumah sakit dan klinik bersalin di Kota Banda Aceh yang telah hadir untuk mengikuti sosialisasi tersebut.

Emila mengatakan, sosialisasi tersebut diikuti oleh 8 rumah sakit dan 12 klinik bersalin di Kota Banda Aceh yang merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Sosialisasi ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya dan juga kerjasama yang telah kita lakukan dengan rumah sakit dan klinik bersalin yang ada di Kota Banda Aceh,” katanya.

Emila menjelaskan sosialisasi ini akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi SiHATI online, tentang semua anak berhak mendapatkan akta kelahiran dan tentang pemberian nama pada anak.

Kata Emila, aplikasi ini hadir dalam upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh akta kelahiran.

“Sistem ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dan diharapkan tidak menjadi beban bagi pihak rumah sakit yang bertugas karena ini sebagai amal ibadah juga membantu orang tua dari bayi,” kata Emila.

Emila berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan bagi para operator rumah sakit atau klinik bersalin tentang SiHati Online dan akta kelahiran.

Pada sosialisasi tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Disdukcapil Kota Banda Aceh dengan Rumah Sakit Umum Cempaka Lima tentang program Pelita Hati Tahun 2022.(Rid/Hz)

Facebook Comments