DP3AP2KB dan BKKBN Aceh Sosialisasi Pengelolaan Website RDK

Banda Aceh –  Dalam rangka mensosialisasikan fungsi dari Rumah Data Kependudukan (RDK), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Bidang Dalduk BKKBN Aceh mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Data Kampung KB (Website) di Gampong Lam Ara Kecamatan Banda Raya, Kamis (14/4/2022).

Sosialisasi yang dilangsungkan di Gampong Keluarga Berkualitas Humaira ini diisi oleh pemateri dari Bkkbn Aceh Hildan Mawardi, S.Sos dan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Intan Indriani, SKM dan diikuti oleh seluruh keuchik.

Dalam materinya, Kabid P2KB Intan Indriani menyampaikan bahwa fungsi RDK adalah sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai pusat integrasi aktifitas Kampung KB. Dengan begitu gampong bisa memanfaatkan RDK untuk keperluan masyarakat dan perencanaan desa berkelanjutan.

“Data-data yang harus dimiliki oleh RDK yaitu data demografi, data kependudukan, data kesehatan dan data penerima PKH,” kata Intan.

Intan juga mengharapkan agar semua data yang ada di RDK dapat dimasukan semua datanya ke website gampong sehingga semua orang bisa mengakses dan melihat gampong KB melalui website gampong.

Dengan berlangsungnya sosialisasi ini, Intan mengharapkan apa yg diamanahkan dalam Program Bangga Kencana tentang RDK dapat diwujudkan dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan gampong.(Hus/Hz)

Facebook Comments