Banda Aceh Terima Penghargaan Aceh Investment Award 2021

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menoreh prestasi. Kali ini Banda Aceh meraih penghargaan  Aceh Investment Award 2021 sebagai Terbaik I untuk kategori Indeks Daya Saing Investasi Tertinggi Tahun 2021.

Penghargaan yang diterima oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh Muchlish SH ini diserahkan pada kegiatan Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue (AGASID) 2021 di Parkside Hotel, Takengon, Aceh Tengah, Rabu (15/12/2021).

Aceh Investment Award 2021 merupakan satu penghargaan yang diberikan kepada DPMPTSP di tingkat kabupaten dan kota atas pencapaian di bidang reformasi perizinan, peningkatan Indeks Daya Saing Daerah, dan penyusunan materi proyek investasi yang ready to offer (IPRO).

Penghargaan turut diberikan kepada sektor swasta yang telah berkontribusi terhadap perbaikan iklim investasi di Aceh.

Muchlish menyebutkan, format pelaksanaan forum AGASID yang diselenggarakan DPMPTSP Aceh ini mengambil inspirasi dari kegiatan World Economic Forum yang rutin diadakan di Davos, Swiss, dimana kegiatan tersebut berhasil memberikan dampak yang baik kepada pelaku usaha dan perbaikan terhadap perekonomian dunia.

Tema yang diangkat dalam pelaksanaan AGASID 2021 adalah “towards sustainable and social impact investment for Aceh” menghadirkan narasumber dari badan pengelola dana green climate fund, perwakilan dari Bank Indonesia dan perwakilan dari PT Akuo Energy mewakili pihak swasta yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan.

“Tujuan dari diskusi narasumber diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta tentang mekanisme pendanaan investasi di bidang industri yang berbasis lingkungan, dampak sosial dan pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Selain itu tujuan dari forum ini adalah untuk membentuk persepsi di kalangan aparatur pemerintahan dan swasta tentang pentingnya investasi yang mempunyai dampak sosial dan menjaga pelestarian lingkungan dalam menyongsong pembangunan Aceh ke arah yang lebih baik.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Pameran investasi, dimana tim DPMPTSP Kota Banda Aceh berpartisipasi dalam pameran tersebut dengan menampilkan berbagai materi dan potensi investasi juga produk-produk UMKM di Kota Banda Aceh.(Ah/hz)

Facebook Comments