Launching Buku ‘Banda Aceh Gemilang’, Ini Kata Narasumber

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh meluncurkan buku ‘Banda Aceh Gemmilang’ sebagai bukti dan juga tolak ukur keberhasilan kepemimpinan Aminullah-Zainal selama lima tahun terakhir. Launching sekaligus bedah buku ini dilakukan di Pendopo Wali Kota, Rabu (15/12/2021).

Turut hadir, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Sekdako, para Asisten serta seluruh kepala OPD di lingkungan Kota Banda Aceh. Hadir pula dua orang narasumber yang memberikan masukkan terkait buku ini, yakni pegiat media Akhiruddin Mahyuddin dan praktisi hukum T Rachmad Kurniawan.

Menurut wali kota, andai tidak menulis buku itu, maka ia akan ‘meraba-raba’ data bahkan harus menyurvei ulang terkait apa yang sudah diperbuat pemerintahannya. “Dengan adanya buku ini otomatis minimal 80 persen sudah tercatat apa yang sudah kami kerjakan bersama Pak Wakil Zainal Arifin selama lima tahun terakhir,” ujarnya.

Secara garis besar, kata Aminullah, empat bab buku “Banda Aceh Gemilang” merekam sekelumit perjalanan hidupnya, pilar-pilar utama menuju visi Banda Aceh Gemilang, pencapaian progresif pemerintahannya, dan tantangan/harapan ke depan. “Semoga buku ini layak menjadi referensi atau studi tiru bagi daerah lain.”

Pada kesempatan yang sama, salah satu narasumber yaitu Akhiruddin Mahyuddin mengatakan bahwa buku ini sangat bagus dan menurutnya ada dua hal yang penting dalam penulisan buku ini yaitu estetika dan substansi.

“Sisi estetika menjadi penting karena kita berharap buku ini ditulis dengan bahasa populer dan bisa menjangkau seluruh lapisan. Sehingga apa yang sudah ditulis bisa dibaca di Aceh, bahkan ke seluruh Indonesia,” terangnya.

Yang kedua, kata Akhiruddin, yaitu substansi.  “Apa yang telah dikerjakan pak wali dan pak wakil secara konsisten bisa kita lihat dalam buku ini. Mulai dari visi misi Banda Aceh gemilang yang tiga pilar utamanya yaitu syariah Islam, pendidikan dan Ekonomi. Visi misi ini digambarkan dalam program kerja Banda Aceh. Hasil dari program kerja bisa kita lihat dan pencapaian ini sangat luar biasa, contohnya seperti IPM.” (Hz)

Facebook Comments