Gol A Gong Sebut Aminullah Tokoh Inspiratif Bidang Literasi

Banda Aceh – Duta Baca Indonesia Gol A Gong sebut Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, S.E, Ak, MM sebagai tokoh inspiratif di bidang literasi. Sebabnya, selain menjadi kepala daerah, Aminullah juga sebagai seorang penulis dengan menggagas ideologi melawan rentenir dalam bukunya “Ala Aminullah Perangi Rentenir”.

Gol A Gong didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banda Aceh, Alimsyah, S.Pd, MS mengatakan bahwa Pak Aminullah menjadi tokoh inspiratif yang bisa dijadikan contoh Wali Kota yang bergerak di bidang literasi, yaitu menulis.

“Sebagai pejabat, ia bisa menjadi contoh bagi Wali Kota lain. Dengan menulis apa yang menjadi gagasan bisa disampaikan sehingga masyarakat bisa mengetahui. Maka Pak Aminullah cocok dijadikan icon di Aceh sebagai Wali Kota yang menulis,” puji A Gong

Menurutnya, Aceh untuk tradisi menulisnya sudah sejak lama ada, seperti Hamzah Fansuri. Selain itu, Aceh juga dikenal dengan tokoh heroicnya seperti Cut Nyak Dhien, Sultan Iskandar Muda, Laksamana Malahayati dan lainnya.

Selain itu, siapa yang tidak mengetahui tentang Islam pertama di Indonesia yaitu di Samudera Pasai. Oleh sebab itu dengan banyaknya sejarah, harus dikuatkan dengan literasi, yaitu harus dituliskan.

“Itu akan hilang kalau generasi Z tidak dibina kaderisasi literasi. Sejarahnya akan habis jika tidak ditulis,” ungkapnya.

Heri Hendrayana Harris atau yang lebih di kenal dengan nama penanya Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia yang dinobatkan oleh Perpustakaan Nasional ini datang ke Banda Aceh dalam rangka safari Duta Baca Indonesia bersama Dispersip Provinsi Aceh bertemakan kampanye membaca dan menulis.

“Sebelumnya sudah ke Aceh Besar, Aceh Utara, Sabang dan hari ini ke Banda Aceh dan disambut langsung oleh Pak Aminullah. Setelah ini, masih melanjutkan pertemuan dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), dan Komunitas Forum Lingkar Pena (FLP),” katanya Sabtu (27/11/2021).

Dalam pertemuannya, ia banyak menanyakan tentang Kota Banda Aceh dalam membudayakan literasi melalui Dispersip Kota Banda Aceh. Tak hanya itu, lewat vlog, ia mengajak Aminullah bercerita inisiatifnya untuk menulis buku.

Usai pertemuan, Aminullah menghadiahkan buku “Ala Aminullah Perangi Rentenir” kepada Gol A Gong dan juga sebaliknya, ia memberikan hasil karyanya yang berjudul “Gong Smash, Dari Raket ke Pena, Dari Lapangan ke Petualangan”.(Hus/Hz)

Facebook Comments