Disdik Dayah Kota Apresiasi Heartindo

*atas Upaya Pemenuhan Hidup Bersih dan Sehat bagi Santri Dayah

Banda Aceh – Dalam rangka penerapan Program Pesantren Sehat Berkemajuan Siaga Covid-19, Health Education Administration Research Technology (Heartindo) menyerahkan bantuan perlengkapan mandi serta fasilitas kesehatan pada sejumlah dayah di Banda Aceh.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh Alizar Usman, S.Ag, M.Hum apresiasi Heartindo atas upaya pemenuhan hidup bersih dan sehat bagi santri dayah.

Bantuan berupa perlengkapan mandi dan hand sanitizer serta fasilitas kesehatan lainnya diberikan kepada Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh yang diterima langsung oleh Pimpinan Dayah Sayed Amrizal.

“Seluruh fasilitas hidup bersih dan sehat langsung dibagi-bagikan kepada santri di dayah tersebut,” kata Alizar, saat dikonfirmasi, selasa (16/11/2021).

Alizar menjelaskan bahwa sebelumnya tim Heartindo telah melakukan audiensi dan tukar informasi dengan Pemerintah Kota Banda Aceh, terkait keinginan Hertindo memberikan penyuluhan kesehatan pada sejumlah dayah di Banda Aceh dengan kriteria utama santrinya berkisar 500-1000 orang.

Selain itu juga, tim Heartindo telah melakukan verifikasi faktual atas jumlah santri yang menjadi dasar pemberian bantuan.

Dasar ini pula pada hari Jumat 27 Agustus 2021 di Ruang Media Center Gedung A Lt.1 Balai Kota Banda Aceh, Wakil Heartindo di Banda Aceh Dr. Safnal, MM menawarkan program kerjasama terkait upaya hidup bersih dan sehat pada sekolah dan dayah yang ada di Banda Aceh diterima langsung Asisten III Drs. Tarmizi Yahya, MM danĀ  Asisten I Faisal, S.STP serta didampingi oleh Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh Muhammad Syarif, SHI, M.H.

“Program yang berlangsung pada sejumlah dayah dan sekolah di Banda Aceh ini, dirasakan sangat bermanfaat bagi santri dayah, apalagi di masa pandemi,” ungkap Alizar.

“Awalnya pihak Disdik Dayah Banda Aceh mengusulkan sebanyak mungkin dayah untuk mendapat bantuan dari Heartindo, akan tetapi keputusan akhir layak-tidaknya dayah mendapat bantuan tergantung pihak Hertindo, tentunya dengan prosedur dan mekanisme lembaga,” tutupnya.(Hus/Hz)

Facebook Comments