Kepala Bakesbangpol Banda Aceh; Peran FPK Penting Dalam Keberagaman

Banda Aceh – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banda Aceh Bachtiar S.Sos, bersama Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Banda Aceh Thantawi Ishak, SH.MM dan Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Zulkifli SH, mengikuti Rapat kerja FPK Se-Aceh Tahun 2021, Rabu (3/11/2021), di Aula Badan Kesbangpol Provinsi Aceh.

Rapat kerja tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bakesbangpol Aceh Drs. Mahdi Efendi dengan menghadirkan pemateri dari Ketua FPK Aceh Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA dengan Judul Kebersamaan dalam kebhinnekaan masyarakat Aceh, Wakil Ketua FPK Aceh Dr. Ahmad Husein, MA dengan judul Pembauran Kebangsaan dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Anggota  FPK Aceh Dra. Naimah Hasan, MA dengan judul Peran FPK dalam membangun Pembauran Kebangsaan di  Daerah.

Rapat kerja yang diikuti oleh seluruh  Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota Se-Aceh dan Ketua serta Anggota FPK Kabupaten/Kota Se-Aceh ini berlangsung secara diskusi dengan meminta saran dan pendapat dari kepala badan dari masing-masing kabupaten/kota.

Kepala Bakesbangpol Kota Banda Aceh Bachtiar S.Sos saat dimintai pendapatnya terkait giat Raker tersebut mengatakan Raker FPK Se-Aceh ini sangat diperlukan, selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk bertukar informasi dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi FPK, sebagai wadah yang dibentuk dan difasilitasi oleh pemerintah.

“FPK harus mampu berperan sebagai sarana komunikasi dan konsultasi kebangsaan dalam keberagaman,” ungkap Bachtiar.

Bachtiar berharap FPK sebagai forum yang diamanatkan oleh Permendagri Nomor 34 tahun 2006, khususnya FPK Kota Banda Aceh harus mampu melaksanakan peran transformasi, edukasi, kolaborasi, mediasi dan antisipatif  guna merawat kebangsaan dalam keberagaman.

Ia mengatakan bahwa rapat kerja ini diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Aceh dengan maksud untuk menjalin sinergisitas antara Badan/Kantor Kesbangpol Kabupaten/Kota Se-Aceh dan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Se-Aceh dalam rangka untuk menjadikan Forum Pembauran Kebangsaan sebagai wadah pemersatu seluruh elemen masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan dan menjaga stabilitas keamanan nasional,” pungkasnya.(Hus/Hz)

Facebook Comments