Jadi Role Model Wilayah Sumatera, MPP Kota Banda Aceh Dikunjungi DPMP-PPTSP Sumut

Banda Aceh – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PPTSP) Provinsi Sumatera Utara di MPP Kota Banda Aceh, Selasa (5/10/2021).

Turut hadir dalam rombongan tersebut Kepala DPM-PPTSP Provinsi Sumatera Utara M. A Effendy Pohan berserta jajaran dan disambut langsung oleh Kepala DPM-PTSP Kota Banda Aceh Muchlish.

Dalam kesempatan itu, Muchlish mengatakan, kunjugan yang dilakukan oleh DPM-PPTSP Provinsi Sumatera Utara untuk membahas tentang pelaksanaan pelayanan perizinan dan penanganan kendala-kendala dalam penerapan Online Single Submission – Risk Based Approach (OSS-RBA) yang selama ini sudah berjalan di Kota Banda Aceh.

“Jadi kami saling berdiskusi mengenai pelayanan dan penerapan OSS-RBA yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada bulan Agustus lalu,” sebutnya.

Ia menyebutkan, MPP Kota Banda Aceh bisa berjalan sejauh ini tidak terlepas dari dukungan penuh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sejak penandatanganan komitmen bersama dengan Kementerian PANRB pada tahun 2018 silam.

“Wali Kota Banda Aceh sangat mendukung pembentukan MPP baik dari anggaran maupun kebutuhan lainnya,” katanya.

Kata Muchlish, komitmen kepala daerah sangat dibutuhkan sebelum menjalankan MPP di setiap daerah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, MPP merupakan langkah pembaharuan bagi sistem pelayanan publik di Indonesia. MPP dianggap lebih progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta dalam satu gedung.

Pelayanan dalam MPP dikombinasikan menggunakan teknologi informasi sebagai jawaban atas tantangan revolusi 4.0 yang saat ini sedang dihadapi dunia.

Perlu diketahui, generasi pertama layanan terpadu di Indonesia adalah Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA). Kemudian berevolusi menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang merupakan generasi kedua. Kehadiran MPP sebagai generasi ketiga dapat memayungi DPMPTSP tanpa mematikan pelayanan yang sudah ada sebelumnya.

“Peran DPMPTSP justru diperluas sebagai motor penggerak MPP,” imbuhnya.

Perlu diketahui, MPP Kota Banda Aceh telah ditetapkan sebagai role model (panutan) untuk wilayah sumatera oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB.

Diharapkan dari pertemuan ini dapat memberi manfaat kepada DPM-PPTSP Provinsi Sumatera Utara dalam penerapan OSS-RBA serta pembangunan MPP.(Ah/Hz)

Facebook Comments