Disdik Dayah Banda Aceh Dukung Pelatihan AKM bagi Guru di Dayah Terpadu Inshafuddin

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh Alizar Usman, S.Ag, M.Hum sangat mendukung kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru pondok pesantren yang telah diadakan oleh Dayah Terpadu Inshafuddin, Sabtu (2/10/2021).

Alizar mengatakan upaya tersebut diharapkan bisa meningkatkan mutu pengetahuan para guru yang mengajar anak-anak di pondok/dayah.

“Kami berusaha untuk terus meningkatkan bentuk apresiasi kepada dayah yang selalu meningkatkan kualitas SDMnya,” kata Alizar.

Workshop peningkatan mutu guru dan pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). yang diikuti oleh guru dan ustadz-ustadzah Dayah Terpadu Inshafuddin untuk jenjang SMA ini dibuka langsung Direktur Dayah Terpadu Inshafuddin, Drs. Tgk. Abdullah Usman.

Abi Abdullah Usman mengajak seluruh warga Dayah Terpadu Inshafuddin untuk membangun dan mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di Dayah Inshafuddin.

”Hasil yang diharapkan melalui kegiatan ini adalah guru mampu memahami tentang pemetaan mutu pendidikan AKM, dan peningkatan kompetensi ustadz-ustadzah melalui pembekalan tata cara penyusunan perangkat pembelajaran dayah serta teknik penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dayah,” kata Abi.

Ia mengajak semua guru dan ustadz-ustadzah untuk mengikuti kegiatan ini dengan ikhlas dan penuh kedisiplinan. Dengan harapan setelah mengikuti kegiatan peningkatan mutu pendidikan dayah ini, guru dan ustadz-ustadzah memperoleh informasi baru tentang upaya peningkatan kualitas belajar peserta didik.

“Peningkatan iman dan ilmu itu penting, kompetensi semua tenaga pengajar harus meningkat dan tidak kalah pentingnya juga sangat diperlukan mitra kerja dan membangun komunikasi lintas sektoral seperti Dinas Pendidikan Dayah Provinsi dan Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh,” ungkapnya.

Workshop menghadirkan pemateri antara lain Jhon Abdi, Spd, M.Pd Instruktur Nasional Kemendikbud, materi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM). Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh menyampaikan materi Teknik Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Dayah, serta Tgk. Hasanuddin, M. Ed (TU Sudan) Direktur Dayah Mini Aceh menyampaikan Materi Kurikulum Dayah.(Hus/Hz)

Facebook Comments