Disdik Dayah Banda Aceh Apresiasi TPQ Hidayatul Ulum 

*Menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru TPQ

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh Alizar Usman, S. Ag, M. Hum membuka secara resmi serta mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru TPQ Hidayatul Ulum yang telah dilaksanakan di Hotel Arabia, 26-27 September 2021.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk peningkatan kapasitas guru TPQ untuk bisa menambah ilmu dan juga wawasan tentang pembinaan langsung kepada anak-anak TPQ nya,” kata Alizar yang diwakili oleh Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Muhammad Syarif, SHI,M.H.

Direktur TPQ Hidayatul Ulum Lambaro Skep Edy Iswandy ZA, S.Sos.I dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ustadz/zah ini adalah kegiatan rutin guna meningkatkan kapasitas agar memiliki skill mendidik yang mahir dan terampil serta menyesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Kegiatan ini mendapat dukungan maksimal dari Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Usman Umar, SE yang juga Pembina TPQ Hidayatul Ulum,” Kata Edy.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua DPRK Banda Aceh juga sebagai Pembina TPQ Hidayatul Ulum Usman Umar mengatakan sangat senang dan bangga pada ustadz/zah TPQ HU yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik, dan tetap menjaga prokes.

“Kita berharap semua serius mengikuti pelatihan ini dan semoga kedepan lebih banyak lagi kegiatan serupa dapat dilakukan,” ungkapnya.

Sebagai informasi bahwa ada 10 Kegiatan tahunan yang rutin telah dilaksanakan setiap tahunnya seperti pelatihan ustadz/zah, mengikut Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI), Tarbiyah Ramadhan/pasantren kilat, Tarhib Ramadhan, Hari hari Besar Islam, maulid dengan aneka perlombaan hingga tingkat kecamatan bahkan Wisata Islami (memberikan edukasi tempat tempat bersejarah dan pendidikan lainnya).

Program Spesial Tilawah dan Tahfidz sudah berjalan 2 tahun sudah menampakkan hasil diantaranya untuk Qari dan untuk hafalan Al-Quran sudah Syahadat Tahfidz I Juz (diawali Juz 30).

Adapun Pemateri pada kegiatan ini terdiri dari Ust Wahyu Rezeki, M.I Kom, Sekum BKPRMI Banda Aceh, Ust Dr. Muhammad Maryudi, MA Founder Pesantren DQ- IM, Ust. Umar Ismail, SAg, dan Ust Husni Suardi, S.Pd.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Sekdes, Tuha Peut Gampong, BKM Masjid, Iman Masjid dan Tokoh Pemuda Gampong Lambaro Skep.(Hus/Hz

Facebook Comments