Luncurkan Rumah Dataku, Chek Zainal Harap Bisa Membantu Tugas Aparatur Gampong

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin me-launching Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) di Kampung KB Percontohan “Melati” Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Kamis (23/9/2021).

Seperti diketahui, Rumah Dataku merupakan salah satu program atau kegiatan BKKBN yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Keberadaan Rumah Dataku berfungsi sebagai basis data dan informasi serta pusat intervensi pembangunan di tingkat mikro wilayah Kampung KB.

Zainal menilai, Rumah Dataku ini nantinya sangat membantu para perangkat desa dalam menjalankan tugas, terutama pada saat penyaluran bantuan pemerintah.

“Karena pengalaman saya menjadi keuchik itu sangat membantu bapak keuchik dan aparatur gampong di dalam kita melakasanakan tugas kemasyarakatan di gampong,” jelasnya.

Kendati demikian, ia meminta agar data yang akan dikumpulkan di Rumah Dataku dapat terlebih dahulu dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan perangkat desa, sehingga mencegah terjadinya perselisihan.

“Jadi masing-masing kepala dusun menghimpun data, kemudian data itu kita rapatkan, sehingga data yang telah dikumpulkan tidak ada lagi permasalahan,” sambungnya.

Diharapkan Rumah Dataku di Kota Banda Aceh terus bertambah agar lebih mudah dalam mengumpulkan data kependudukan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Cut Azharida melaporkan, saat ini Kota Banda Aceh sudah memiliki 15 Kampung KB dari 9 Kecamatan. Dari 15 gampong tersebut baru dua Kampung KB yang sudah mempunyai Rumah Dataku.

Selain Gampong Doy, Kampung KB lainnya yang sudah memiliki Rumah Dataku yaitu Gampong Ulee Lheue yang akan di-launching pada Jumat (24/9/2021) besok.

Sebelumnya, DP3AP2KB Kota Banda Aceh telah membawa perwakilan dari 15 Kampung KB di Banda Aceh ke Pasi Pinang Meulaboh dalam rangka melihat bagaimana pengelolaan Rumah Dataku yang ada di sana.

“Alhamdulillah hasilnya bisa kita wujudkan di Kota Banda Aceh dengan adanya launching Rumah Dataku di Gampong Doy dan Ulee Lheue,” katanya.

Diharapkan semua Kampung KB sudah memiliki Rumah Dataku di tahun 2021. (Ah)

Facebook Comments