Kubus Apung, Cara Ampuh DLHK3 Banda Aceh Atasi Sampah di Sungai

  • Wali Kota Minta Warga Jaga Kelestarian Sungai

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus berupaya meningkatkan kebersihan dan keindahan kota termasuk kebersihan sungai di wilayah.

Salah satunya dengan memasang kubus apung di dua titik, yakni di Krueng Daroy dan di Krueng Doy Lampaseh.

Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah, SH menilai, pemasangan kubus apung ini sangat efektif karena memudahkan petugas dalam melakukan pembersihan.

“Sangat memudahkan petugas dalam mengangkut sampah. Kalau kita pakai jaring, (sampah) di bagian tengah susah kita ambilnya, apalagi ketika air tinggi tapi kalau pakai kubus ini petugas bisa jalan diatasnya,” jelasnya.

Selain memudahkan petugas dalam mengangkut sampah di sungai, kubus apung ini juga berfungsi untuk menahan sampah agar tidak sampai ke muara atau bibir pantai. Cara kerjanya akan menahan sampah apung dan menumpuk di sekitar kubus.

“Posisinya otomatis mengikuti ketinggian air, bahanya sangat kuat dari terbuat dari material HDPE dengan tambahan jaring dibawahnya. Mampu menahan sampah yang berasal dari hulu sungai supaya tidak mengalir ke laut,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat kota agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang ke aliran Krueng Daroy karena selain mengotori juga bisa menyebabkan banjir.

“Terlebih saat ini musim hujan, jika volume sampah di Krueng Daroy meningkat bisa menyebabkan banjir juga,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat semakin meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan Kota Banda Aceh tercinta.

Adapun sampah yang mengalir lewat Krueng Aceh, Kasi Operasional Kebersihan Dian Adiyanto mengatakan, pihaknya rutin memantau di sepanjang bantaran sungai.

“Petugas kita rutin memantau bantaran sungai, biasanya sampah menumpuk di dermaga Lampulo tempat kapal berlabuh,” katanya.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, SE.Ak MM dalam berbagai kesempatan sering meminta warga agar selalu menjaga kelestarian sungai.

Aminullah berharap, kesadaran warga untuk menjaga lingkungan terus meningkat, paling kurang warga tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke sungai.(Ah/Hz)

Facebook Comments