BPBD Banda Aceh Terima Mahasiswa Magang dari Unida Aceh

Banda Aceh – Dalam rangka mencegah percepatan pencegahan Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh terima mahasiswa magang dari Universitas Iskandar Muda (Unida) Aceh di BPBD pada Senin (2/8/2021).

Penerimaan mahasiswa magang sebanyak 18 orang dari Prodi Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) sekaligus kerja sama antara keduanya. Ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dekan Fisipol Unida, Dr Teuku Syarifuddin M. Si dan Kepala BPBD Rizal Abdillah, M. Si

Kepala BPBD Banda Aceh Rizal Abdillah, M. Si menyambut baik kerja sama ini. Para mahasiswa nantinya akan magang atau praktik lapangan tentang percepatan penanganan pandemi Covid-19 yang melanda Banda Aceh dan sekitarnya.

“Khususnya dalam penyemprotan dari rumah ke rumah serta sosialisasi pencegahan meluasnya wabah Covid-19,” kata Rizal.

Ia berjanji dirinya bersama staf dalam beberapa hari nanti akan terus membekali para mahasiswa Unida tersebut.

“Dengan demikian mereka benar-benar siap ketika turun ke lapangan untuk membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19,” kata Rizal Abdillah.

Turut hadir dalam acara penandatanganan kerja sama ini para civitas akademika Unida, yakni Dr Fuadi ZA, Ridwan Idris MSi, Riantofani S. Pd. I dan Harahap S.Sos.

Sebelum mulai, mahasiswa magang diberikan pengenalan dan pembekalan oleh Sabri AR Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD terkait stuktur organisasi serta peran dan fungsi BPBD itu sendiri.

“Fungsi BPBD berkaitan dengan fungsi koordinasi, fungsi komando dan pelaksana. Juga BPBD mempunyai tiga bidang, yaitu Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan dan Logistik serta Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi,” jelasnya.

18 orang mereka nantinya akan magang selama tiga bulan di BPBD. Dan direncanakan mereka akan dibagi menjadi tiga kelompok agar dapat bekerja maksimal bersama tim.(Hus/Hz)

Facebook Comments