Bersama Dinkes Aceh, Dinkes Kota Lakukan Pembinaan Hygiene dan Sanitasi Pondok Pesantren

Banda Aceh – Dalam rangka penyelenggaraan penyehatan di lingkungan pondok pesantren (pontren), Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Dinas Kesehatan Aceh melakukan inspeksi kesehatan lingkungan sebagai pembinaan dan pengawasan hygiene dan sanitasi demi memutus mata rantai penularan penyakit di pesantren Darul Ulum dan Insyafuddin.

Tim Dinkes Aceh yang diketuai Edi Hidayatsyah, S.Hut., MT dan tim Dinkes Kota Banda Aceh yang diketuai Syahril, SKM.,M.kes bertemu dengan unsur pimpinan pontren, Ust Lukman Nurhidayat dan Ust  Zulfikar. Selasa, (27/7/21).

Adapun tujuan kedatangan tim yaitu melakukan intervensi kesehatan lingkungan pontren serta menyerahkan bantuan paket sanitarian kit berupa desinfektan serta botol semprot, lap desinfeksi, sabun antiseptic, lap tangan gantung, gunting kuku, pembalut, masker, jerigen lipat dan material promosi.

Selanjutnya, tim melakukan observasi inspeksi ke dapur Pontren, asrama, pengelolaan air dan limbah, ruang belajar, tempat pengelolaan makanan dan lingkungan Pontren Darul ulum dan insyafuddin.

Dari hasil intervensi yang dilakukan tim, ada beberapa permasalahan yang harus ditindaklanjuti oleh potren yaitu kebersihan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pada akhir kesempatan, tim menyarankan untuk selalu menjaga hygiene dan sanitasi dengan menerapkan PHBS, pihak pesantren berjanji kedepan akan terus meningkatkan kualitas dan lingkungan Pontren yang lebih baik dan lebih sehat dengan melibatkan seluruh karyawan/guru, santriwan/santriwati dalam mewujudkan Potren yang sehat.(TM/Hz)

Facebook Comments