Kadisnaker Hadiri Pembentukan LKS Bipartit Hermes Palace Hotel Sekaligus Dicatat pada Aplikasi SINAKER

Banda Aceh – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  Kota Banda Aceh, Mairul Hazami, SE, M.Si menghadiri pembentukan Lembaga Kerjasama (LKS) Bipartit Hermes Palace Hotel, Kamis (01/07/2021) di Hotel Hermes Palace.

Turut dihadiri juga oleh General Manager Hermes Palace Hotel Budi Syaiful, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kamarsyid, S.Pd. M.Pd, Kepala Seksi Persyaratan Kerja Perusahaan Syahruddin, ST, Kepala Seksi Perselisihan Hubungan Industria T. Hamdan, SH, Para Manajemen Hermes Palace Hotel, Serikat Pekerja dan Non Serikat.

Pembentukan LKS Bipartit Hermes Palace Hotel tersebut juga langsung dilakukan verifikasi  dan    pencatatan secara oneline via Aplikasi SINAKER serta penyerahan secara simbolis dokumen pencatatan.

Mairul mengatakan LKS Bipartit sebuah wadah komunikasi yang efektif bagi pengusaha dan pekerja atau buruh dalam rangkamencegah terjadinya permasalahan hubungan industrial di perusahaan.

“Dengan adanya LKS Bipartit di perusahaan adalah untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan di perusahaan,” kata Mairul.

Kata Mairul pembentukan LKS Bipartit tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor  Per.32/MEN/XII 2008 tentang Tata  Cara Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Lembaga Kerjasama Bipartit.

“Bagi perusahaan yang tidak membentuk LKS Bipartit ini akan ada  sanksinya berupa teguran, peringatan tertulis, pembatasan kegiatan usaha, pembekuan kegiatan usaha, pembatalan persetujuan, pembatalan pendaftaran, pemberhentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi dan pencabutan izin,” katanya.

Pada pembentukan LKS Bipartit Hermes Palace Hotel  tersebut diwakili oleh tiga orang dari manajemen hotel, tiga orang dari perwakilan serikat pekerja sehingga telah dipilih ketua LKS Bipartit dari Serikat Perusahaan dan Sekretaris dari Manajemen Hotel Hermes tersebut.

Mairul berharap, dengan terbentuknya LKS Bipartit pada Hermes Palace Hotel menjadi role model bagi perusahaan lain khususnya perhotelan  di Banda Aceh.(Rid/Hz)

Facebook Comments