Kasus Positif Covid -19 di Kota Banda Aceh Meningkat

Banda Aceh – Angka positif Covid-19 di Kota Banda Aceh meningkat sejak bulan April sampai bulan Mei 2021. Hingga Senin (21/5/21), secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Banda Aceh tercatat 3067 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 mencapai angka 2704 orang (88,2 persen), meninggal dunia sebanyak 110 orang (3,6 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  253 orang (8,2 persen).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes., mengatakan penambahan kasus yang signifikan sudah terjadi sejak bulan ramadhan hingga pasca lebaran Idul Fitri 1442 H.

“Mobilitas masyarakat Kota Banda Aceh yang tinggi selama puasa dan lebaran, dan juga banyak warga yang mengganggap Covid-19 sudah hilang menjadi salah satu faktor terjadinya peningkatan kasus”, ujarnya.

Lukman mengatakan berdasarkan data harian, Senin (21/5) terdapat penambahan 30 kasus baru terkonfirmasi Covid-19.

“Hari ini kita menemukan sebanyak 30 kasus positif baru dimana salah satunya adalah nakes, kemudian sembuh 12 orang, dan meninggal dunia 2 orang”, ungkapnya.

Dalam upaya menekan kasus Covid-19, Pemko Banda Aceh terus mengingatkan masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir serta menjaga jarak aman di luar rumah. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup.

”Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19, kita himbau untuk tetap mematuhi prokes, karena terbentuk imunitas seseorang setelah vaksin berbeda beda”, ujar Lukman.

Facebook Comments