Pemko Juga Serahkan Bantuan Peralatan Usaha dan Santunan Anak Yatim pada Pasar Murah, ini Jadwalnya !

Banda Aceh- Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh juga akan menyerahkan bantuan peralatan usaha berupa mesin jahit kepada pelaku usaha di Banda Aceh dan penyerahan santunan anak yatim pada kegiatan Pasar Murah yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 Mei 2021, bertempat di Halaman Kantor Diskopukmdag (Samping RSU Meuraxa), Jalan Soekarno-Hatta Km 2 No. 1 Gampong Mibo, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

“Pada pasar murah nanti kita juga akan melakukan penyerahan bantuan mesin jahit kepada lima orang pelaku usaha dan penyerahan santunan kepada 17 anak yatim,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M. Nurdin, S.Sos, Jumat (30/04/2021) di Kantornya.

Nurdin mengatakan, kegiatan Pasar Murah nantinya akan dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak. MM,.

Kata Nurdin, kegiatan pasar murah tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat dalam menyambut lebaran sekaligus sebagai upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Nurdin menjelaskan, pasar murah tersebut menyediakan subsidi harga pada lima komponen bahan pokok yang dikemas dalam satu paket.

“Satu paket terdiri dari 5 kg beras dengan harga subsidi sebesar Rp.5000/kg, 2 kg gula dengan harga subsidi sebesar Rp.3000/kg, 2 Kg minyak goreng dengan harga subsidi sebesar Rp.3.500/kg, 1 kg tepung terigu dengan harga subsidi sebesar Rp.3.000/kg dan 1 papan telur (30 butir/papan) dengan harga subsidi sebesar Rp.9.000/papan, dengan total harga subsidi sebesar Rp.50.000/paket, jadi belanja Rp.170.000 bayar Rp.120.000,” jelas Nurdin.

Pada pasar murah kali ini Pemerintah Kota Banda Aceh menyediakan subsidi harga untuk 1.845 paket bahan pokok dan selama 4 hari pelaksanaan, setiap harinya panitia akan mendistribusikan 400 paket lebih mulai dari jam 09.00 sampai selesai.

Nurdin mengajak masyarakat Kota Banda Aceh yang membutuhkan dapat mendatangi lokasi pelaksanaan dan mendaftar kepada panitia pelaksana dengan membawa dan menyerahkan KTP asli kepada Panitia Pelaksana dan mengambil nomor antrian di lokasi pelaksanaan.

“400 lebih nomor antrian disiapkan setiap harinya kepada pengunjung pertama, pembelian sembako di pasar murah tersebut tidak dapat diwakilkan oleh pihak lain dan hanya pemilik KTP yang dilayani oleh petugas,” ujarnya.

Nurdin menegaskan kepada masyarakat atau pengunjung akan diberlakukan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, jadi kepada pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker dan mencuci tangan pada wastafel portable yang telah disiapkan, untuk menghindari kerumunan panitia pelaksana yang dibantu petugas keamanan juga akan mengatur jarak antrian pengunjung agar kegiatan pasar murah berjalan dengan tertib masyarakat diimbau untuk dapat mematuhi ketentuan yang disampaikan oleh panitia. (Rid/MA)

Facebook Comments