Kadinkes Banda Aceh: Ada Seribuan Hoaks dari Sumber Tidak Jelas Terkait Vaksinasi 

Banda Aceh – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, S.KM., M.Kes, mengatakan bahwa sampai saat ini ada masuk seribuan hoaks terkait vaksinasi yang datang dari sumber tidak jelas.

Hal tersebut disampaikan saat mengisi materi dalam acara webinar yang bertajuk “Vaksinasi Covid-19 di Aceh antara Tantangan dan Harapan” dilakukan secara virtual, Sabtu (06/03/2021).

“Dampaknya adalah ketakutan masyarakat timbul akibat mempercayai hoaks yang beredar,” tegasnya.

Terkait vaksinasi untuk tenaga Kesehatan, kata Lukman, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh telah mencapai 106 % (melebihi target yang ditetapkan).

“Alhamdulillah, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Kota Banda menggunakan strategi role model atau keteladanan,” tambahnya.

Lukman menjelaskan, melalui vaksinasi tokoh-tokoh masyarakat, pejabat dan tenaga kesehatan sebagaimana arahan sehingga kelak masyarakat menerima vaksinasi secara sukarela. Perlu pendataan dan pendekatan yang lebih komprehensif ketika sampai waktu vaksinasi pada masyarakat umum. Karena tantangan vaksinasi ke masyarakat tentu berbeda dengan tantangan vaksinasi ke tenaga kesehatan.

Selain Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, S.KM,. M.Kes, diskusi ini juga diisi pengamat kebijakan publikTaufiq Abdul Rahim, M.Si,. Ph.D serta Plt. Dinas Kesehatan dan KB Pidie Jaya Eddy Azwar, S.KM,. M.Kes.

Kegiatan diskusi ini merupakan rangkaian agenda pelantikan Pengurus Besar Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (PB IKAKESMA) Periode 2020-2024 resmi terbentuk dengan ketua terpilih Yulizar Kasma, S.KM, M.Si.(Rat/Hz)

Facebook Comments