Wujudkan Keluarga Sehat, Dinkes Lakukan Pertemuan Dengan Tim Indonesia Sehat

Banda Aceh – Dalam rangka upaya peningkatan dan penguatan pencapaian target program keluarga sehat,  Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan pertemuan dengan tim pelaksana program indonesia sehat, Kamis (12/11/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman,SKM, M.Kes ketika membuka acara mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian indeks keluarga sehat (IKS) Kota Banda Aceh melalui aplikasi keluarga sehat.

“Dengan adanya pertemuan ini kita berharap di tahun 2020 ini Kota Banda Aceh bisa masuk dalam kategori Kota Sehat dan program pencapaian keluarga sehat ini merupakan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang tertuang dalam RPJM Kota Banda Aceh yang sangat penting untuk diwujudkan,” harapnya.

Disamping itu, M. Yusuf, ST, MPH dari tim PIS-PK Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menyampaikan informasi penting tentang penggunaan aplikasi terbaru dalam hal melakukan monitoring dan penginputan data PIS-PK.

“Aplikasi ini nantinya dapat membantu kita dalam memantau data pelaksanaan program PIS-PK di setiap puskesmas, sehingga mempermudah tim dalam mengevaluasi perkembangan pelaksanaan intervensi untuk capaian target keluarga sehat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Jeulingke, drg. Juwariyah mengatakan bahwa kegiatan memperkenalkan aplikasi terbaru dalam program PIS-PK ini sungguh sangat membantu dan memberikan informasi yang bermakna dalam melakukan monitoring dan implementasi keluarga sehat ini di lapangan.

“Kita berharap dengan aplikasi ini akan dapat mempermudah melakukan kegiatan pembinaan dan intervensi menuju keluarga sehat di lapangan nantinya”.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes Kota Banda Aceh, Saifuddin A Malik, SKM., S. Sos yang didampingi oleh Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Syukriah, SKM, MKM, yang ikut serta mengkoordinir dan mendampingi peserta pertemuan serta memberikan motivasi dan semangat kepada semua tim PIS-PK Puskesmas.

“Kita semua bisa terus menerapkan aplikasi terbaru dalam mengimplementasikan program PIS-PK ini agar keluarga-keluarga yang ada di Kota Banda Aceh dapat terus dilayani dalam mencapai status keluarga sehat, tentu untuk mencapai target tersebut, kita harus berkolaborasi sesama tim dengan kuat dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan keluarga,” pungkasnya.  (TM/Mah)

Facebook Comments