Kebakaran Rumah di Gampong Mibo, DPKP Turunkan 3 Unit Damkar

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) menurunkan 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi di Jalan Wedana, Gampong Mibo, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. Rabu (10/6/2020).

Sebuah rumah berkonstruksi kayu itu habis dimangsa si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, tapi kerugian material sudah pasti, sebab tak ada satu pun barang yang mampu diselamatkan selain baju yang melekat di badan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Drs. Rizha, MM, mengatakan rumah yang didiami oleh Hendra bersama ibunya, Ainal Mardiah (63) yang sedang sakit, terbakar sekitar pukul 14.30 WIB.

“Hendra mencium bau dan melihat kepulan asap dari sebuah kamar di rumahnya itu. Begitu dibuka api sudah membesar di kamar itu, tanpa berpikir panjang, Hendra langsung bergegas menggendong ibunya yang sedang sakit untuk dibawa keluar rumah sembari meminta bantuan dari warga.

Api dalam waktu yang cepat meluluhlantakkan bangunan rumah berkonstruksi kayu tersebut beserta seluruh isinya.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Tapi, seluruh barang dalam rumah habis terbakar,” kata Rizha.

Warga sekitar yang mengetahui hal itu, langsung memutuskan membantu dan sebagian warga lainnya menjemput petugas pemadam kebakaran untuk mengabari hal tersebut.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran Yudi SH, menambahkan kurang lebih lima menit dari kejadian, petugas pemadam yang ikut mengerahkan tiga armada pemadam tiba di lokasi begitu informasi diterima.

“Dugaan kebakaran disebabkan hubungan arus pendek listrik. Tapi, sejauh ini sudah dalam penyelidikan pihak kepolisian,” terang Yudi.

Kata Yudi, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.10 WIB, dengan kondisi rumah terbakar cukup parah beserta seluruh isi rumah yang tidak mampu diselamatkan.

Untuk saat ini Hendra dan ibunya Ainal Mardiah, menumpang sementara di rumah tetangga.

Dalam proses pemadaman itu, turut dibantu PLN, Polsek Banda Raya dan Koramil setempat.(TM/Hz)

Facebook Comments