Kecamatan Syiah Kuala Juara Festival Kuah Beulangong

Banda Aceh – Kecamatan Syiah Kuala berhasil menjadi juara pertama Festival Kuah Beulangong antar kecamatan se-Kota Banda Aceh yang dipusatkan di Gampong Pande, Kuta Raja, Senin (21/8/2017). Sementara juara kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh Kecamatan Kuta Raja dan Ulee Kareng.

Berdasarkan penilaian dewan juri, Kuah Beulangong hasil racikan peserta dari Syiah Kuala memiliki cita rasa, tekstur, dan aroma yang paling menggugah selera dibandingkan masakan dari peserta lainnya. Komposisinya juga pas, baik itu dagingnya, Nangka, maupun bahan dan bumbu lainnya. Meskipun begitu, nilai antar para peserta tidak berbeda begitu jauh.

Hadiah berupa trofi dan sejumlah uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kepada masing-masing camat dari kecamatan pemenang di Gedung Meuligoe Gampong Pande.

Turut hadir pada kesempatan itu Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah, para Kepala SKPK dan Camat se-Banda Aceh. Hadir pula Ketua PKK dan Dekranasda Banda Aceh Nurmiaty Aminullah Usman dan wakilnya Fauziah Zainal Arifin, serta Ketua DWP Banda Aceh Buraida Bahagia.

Dalam sambutan singkatnya sesaat sebelum menyerahkan hadiah, Wali Kota Aminullah mengharapkan agar tradisi memasak Kuah Beulangong ini dapat terus dipertahankan di tengah-tengah masyarakat. “Saya berharap ajang ini dapat terus digelar setiap tahunnya dengan skala yang lebih besar lagi.”

“Mulai tahun depan, kami ingin bukan hanya perwakilan dari sembilan kecamatan saja yang ikut serta dalam acara ini tapi 90 gampong se-Banda Aceh, sehingga acaranya lebih bergaung dan lebih menarik minat wisatawan untuk menjajal wisata kuliner di Banda Aceh,” katanya.

“Mudah-mudahan tradisi indatu yang kita galakkan kembali ini akan dapat memajukan sektor pariwisata di Banda Aceh. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang tentu bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dan PAD kita juga akan semakin bertambah. Tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyrakat,” katanya lagi.

Acara yang diinisiasi oleh Kecamatan Kuta Raja ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72. “Acara ini sebenarnya rutin kami adakan setiap tahun, namun kali kami bersepakat untuk membuatnya lebih besar antar kecamatan. Bertepatan pula dengan peringatan Haul ketiga Tgk Di Kandang yang makamnya terletak di Gampong Pande ini,” kata Camat Kuta Raja Wahyudi seraya menyebut nanti malam juga akan digelar zikir bersama di komplek makam Tgk Di Kandang.

Rangkaian acara yang diawali dengan prosesi peusijuk wali kota beserta istri oleh tokoh agama dan masyarakat setempat itu diakhiri dengan makan kenduri bersama dengan menu utamanya Kuah Beulangong.

Facebook Comments