Banda Aceh Juara Umum Expo Ternak 2017

Banda Aceh – Kota Banda Aceh keluar sebagai juara umum Expo Ternak 2017. Piala sebagai juara umum diserahkan oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Drh Zulia Zaini Yahya kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh, Iskandar S Sos MSi, Senin (12/6/2017) di halaman kantor Dinas Peternakan Aceh. Piala ini kemudian diserahkan Iskandar S Sos M Si kepada Kepala Pangan, Keluatan, Perikanan dan Peternakan Kota Banda Aceh, T Iwan Kesuma yang juga hadir pada acara tersebut.

Usai menerima piala, Iskandar mewakili Walikota Banda Aceh mengaku tidak menyangka dapat menyabet juara umum di ajang tahunan tersebut. Katanya, dengan luas wilayah hanya 62 KM persegi, tentunya Banda Aceh bukan wilayah yang strategis untuk mengembangkan sektor peternakan.

“Kita tidak menyangka, tapi ini tentunya membuat kita semakin termotivasi untuk lebih baik lagi,” ujar Iskandar.

Lanjutnya, dengan prestasi ini Pemerintah Kota Banda Aceh akan lebih termotivasi dan terus berupaya untuk memajukan dan memberikan dukungan pada perkembangan usaha peternakan dan pembudidayaanya, serta memanfaatkan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada sehingga mempunyai daya saing dalam pasar nasional dan global.

“Kita berharap usaha peternakan di masa depan harus mempunyai pemahaman dan selalu tanggap terhadap perubahan global, antara lain perubahan iklim, ilmu pengetahuan dan teknologi, jaminan produksi peternakan yang bermutu, dan perkembangan pasar dan ekonomi,” harap Iskandar

Katanya, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkoakan terus berupaya melakukan penguatan sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti lahan, peralatan pengolahan pakan serta sarana lainnya yang kita anggap dapat memberikan prospek cerah dalam usaha peternakan.

Dalam kesempatan tersebut, Iskandar juga meminta Pemprov Aceh untuk terus mendampingi dan membina Pemerintah Kota dan para peternak mengingat Pemprov melalui Dinas Peternakan Aceh sudah sangat berpengalaman dibidang peternakan.

Sementara itu, Drh Drh Zulia Zaini Yahya mengungkapkan sedianya piala juara umum Expo Ternak 2017 diserahkan pada penutupan PENAS KTNA beberapa waktu lalu oleh Gubernur, namun karena ada kendala maka diserahkan oleh pihaknya setelah even PENAS berlangsung.

Tekait dengan tampilnya Banda Aceh sebagai juara umum Expo Ternak, Zulia Zaini Yahya mengatakan ini indikasi peternakan di Banda Aceh sudah semakin maju.

“Meski jumlah peternak tidak banyak di Banda Aceh, tapi system bididayanya sudah semakin maju. Kami ucapkan selamat atas prestasi ini,” ujar Zulia Zaini.

Lanjutnya, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sudah seharusnya jadi etalase pembangunan peternakan di Aceh.

“Kepada Walikota kami menitip pesan bahwa begitu pentingnya peran peternakan, terumata peternakan yang kemudian produknya menjamin kesehatan masyarakat. Dan saya pikir dengan bimbingan dan pengawasan Pemerintah, ini akan terwujud,” pintanya.

Facebook Comments