Sambut HUT ke 812 Kota Banda Aceh Diskominfotik Gelar Lomba Cerdas Cermat TIG

Diskominfo.bandakota.go.idaceh–Walikota Banda Aceh melalui Sekda, Ir Bahagia menilaia kelompok Informasi Gampong (KIG) selama ini telah turut berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang program maupun kebijakan pemerintah serta menjadi penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

 

 

Ket. Foto : Peserta cerdas cermat lomba Kelompok Informasi Gampong (KIG) sedang mendapat arahan dari dewan juri, Selasa (9/5) — TA

Kelompok informasi gampong sesungguhnya adalah kader pembangunan, karena padanya ada keinginan dan kepedulian untuk memajukan gampongnya melalui peran sertanya sebagai kajian informasi.

“Tanpa peran serta masyarakat maupun pihak swasta, percepatan pembangunan suatu gampong akan sulit dilaksakan meski didukung dengan dana yang besar,” kata Sekda Bahagia pada saat membuka kegiatan Perlombaan antar Kelompok Informasi Gampong se-kota Banda Aceh yang digelar di gedung C Balaikota, Selasa (9/5).

Oleh karena itu kata Sekda, dirinya sangat mengapresiasi terhadap apa yang selama ini telah dikerjakan oleh KIG, sehingga selama ini masyarakat sangat terbantu terutama bidang informasi pembangunan,

Kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kata Sekda, bergerak sangat cepat, setiap saat ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan di berbagai bidang, karena memang ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Dengan gambaran tersebut, dapat dibayangkan betapa petingtingnya peran informasi bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Informasi tidak hanya untuk ilmu pengetahuan dan teknologi saja, banyak peran pentingnya sebuah informasi termasuk di dalamnya tentang sosial,hukum,ekonomi,politik,pemerintahan dan lain sebagainya.

Semua bergantung pada adanya informasi yang bisa dikomunikasikan dengan baik sehingga sebuah informasi dapat bermanfaat untuk semua kalangan.

Jangan cuma jadi penonton

Selepas pembukaan, Sekda mengatakan, keberadaan KIG ditengah tengah masyarakat diharapkan mampu menjadi mitra sejati pemerintah untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat ataupun sebagai medium bagi masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah.

Menurut Sekda pemerintah kota telah menginbau kepada para Camat agar besunguh sungguh mendukung dalam pemperdayakan KIG, sehingga dengan itu dapat membantu menjadikan gampong gampong lebih maju dan mandiri.

“Kita tidak boleh cuma sekedar menjadi penonton di era digital ini. Jadi mari kita bekerja dengan cerdas dengan sungguh sungguh,” ujar Sekda.

Saat ini kata Sekda, masyarakat sudah dapat mengakses informasi dengan mudah, namun semua itu harus didukung dengan penguasaan teknologi informasi.

Lomba Cerdas Cermat KIG yang di ikuti KIG dari 9 Kecamatan itu dalam rangka memeriahkan kegiatan HUT kota banda Aceh ke 812 dan pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Pada tahun 2016 yang menjadi juara adalah KIG dari kecamatan Meuraxa sebagai juara I, KIG dari kecamatan Kuta Alam sebagai juara II dan juara III KIG dari kecamatan Syiah Kuala. (TA)

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


48 − 43 =