Kota Banda Aceh Launching Perdana Vaksinasi Covid-19

Banda Aceh – Launching perdana vaksinasi Covid-19 Kota Banda Aceh jenis Sinovac dilakukan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banda Aceh dari masing-masing instansi pemerintahan di RSUD Meuraxa, Jumat (15/01/21).

Rencana awal, vaksin perdana akan diberikan kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Namun, Aminullah tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan dari Kementrian Kesehatan Nomor 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Covid-19.

Sebagai informasi, penerima vaksin Covid-19 pertama di Banda Aceh adalah Kepala Puskesmas Kuta Alam, dr Laura Machnum dan diikuti unsur Forkopimda Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM mengatakan, pelaksanaan vaksinasi merupakan salah satu upaya bersama untuk mencegah dan memberantas sekaligus memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Banda Aceh.

Adapun Pemko Banda Aceh telah menerima sebanyak 12.760 vaksin produksi Sinovac dan otoritas yang berwenang menjaga kesehatan dan keselamatan seperti BPOM dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan hasil bahwa Vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada seluruh masyarakat adalah Aman dan Halal.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan mengimbau agar berhati-hati dalam menerima informasi atau berita yang tidak benar (hoax) mengenai Vaksin Covid-19 ini,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes mengatakan ada kualifikasi khusus seseorang dapat diberikan vaksin, hal ini berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Covid-19.

“Proses vaksinasi dilakukan dalam 4 tahapan. Tahapan pertama yaitu pendaftaran, kedua skrining, ketiga pemberian vaksin, keempat konsultasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan menunggu selama 30 menit sambil dipantau oleh tenaga kesehatan,” pungkas Lukman.(TM/Hz)

Facebook Comments