Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengimbau kepada seluruh SKPD untuk mencatat semua kinerja menjadi data yang bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini disampaikan Zainal di sela-sela kegiatan Penilaian Evaluasi Dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2020 secara virtual bersama Kemenkominfo, di Gedung Balai Kota, Senin (23/11/20).
“Kita mengimbau kepada OPD, semua yang dikerjakan itu ditulis. Karena selama ini kita kadang kala bekerja mungkin menulis hanya untuk e-kinerja sendiri saja jadi tidak kita rekap menjadi data untuk OPD tempat kita bekerja,” jelasnya.
Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah saat presentasi apabila diperlukan sebagaimana saat presentasi penilaian Smart City Kota Banda Aceh.
Ada sebanyak 13 slide yang dipaparkan oleh Pemko Banda Aceh di depan asesor Kemenkominfo untuk menilai Kota Banda Aceh sebagai Pilot Project Menuju 100 Smart City. Salah satu slide yang dipaparkan berisi misi I, yang terbagi 3 (tiga) diantaranya Layanan, Birokrasi dan Kebijakan.
Di dalam misi Layanan, terdapat aplikasi Layanan E-lapor (Suwarga), Mall Pelayanan Publik, Walikota menjawab, Layanan Perizinan Online (OSS + SiCantik) dan Open Data Banda Aceh.
Untuk misi Birokrasi ada E-surat, absensi berbasis Face recognition dan misi Kebijakan terdapat Regulasi/Kebijakan terkait peningkatan pelayanan Publik sebanyak 32 regulasi dari tahun 2016-2020.
Wakil Wali Kota atau yang akrab di sapa Chek Zainal ini berharap pemaparan penilaian tersebut mendapatkan hasil yang memuaskan.
“Kita berharap apa yang kita laksanakan tadi mendapatkan hasil yang memuaskan. Kemudian kita juga perlu kembali memperbaiki diri dari yang masih kurang. Saya pikir itu sebagai saran dan masukan dari asesor sehingga meskipun tahun ini kita mendapatkan penghargaan terbaik tapi juga menambah kualitas penghargaan terbaik di tahun yang akan datang,” harapnya.
Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Plt Sekretaris Daerah Kota Muzakir Tulot, Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos, MM, Kabid Smart City Diskominfotik Rahmad Kadafi dan OPD terkait lainnya.(Hz)