Ini Kiat Dinas PUPR Kota Atasi Kerusakan Jalan

Banda Aceh – Intensitas hujan tinggi saat mengguyur kota Banda Aceh, kerap membuat insftastuktur jalan tergenang. Akibatnya, sejumlah titik jalan berlubang.

Tak ingin kerusakan bertambah parah, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) selalu melakukan pemantauan jalan yang rusak untuk memudahkan melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin.

“Terkait dengan saluran yang selama ini jika dalam kondisi hujan, maka salah satu solusinya adalah dengan pompanisasi,” Kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui sekretaris dinas, Ramos Kam, ST,MP, di ruang kerjanya Senin (28/01/2019).

Diakui Ramos, pihaknya juga menggunakan kolam tendon yang berfungsi menampung air aliran dari kota yang akhirnya masuk ke kolam tandon.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga ikut bergerak cepat terhadap penanganan pemeliharaan jalan, seperti jalan rusak dan berlobang, serta penanganan genangan baik di lingkungan pemukiman atau di jalan di wilayah kota Banda Aceh.

“Untuk jalan yang berlobang kita menyiapkan aspal atau pengerasan, untuk perbaikan jalan kita kembalikan posisinya seperti semula. Sehingga memudahkan para pengguna jalan.” Ujar Ramos.

Menurutnya, selama ini pihaknya secara rutin membenahi saluran yang tersumbat dan saat ini juga didukung oleh pintu-pintu air yang ada di Banda Aceh.

“Jika anggaran mencukupi maka semua jalan yang berlobang hingga ke gampong pun akan diperbaiki. Jikapun terbatas maka akan diutamakan jalan penghubung maupun jalan utama.” Sebutnya.

Ditambahkannya, pihaknya rutin melakukan survey ke lapangan, maka jika dalam hasil survey tersebut didapati ada jalan yang sudah berlobang, segera ditindaklanjuti, bahkan juga ada warga yang langsung menghubungi pihaknya baik melalui sosial media maupun melalui tim pemantau di setiap kecamatan.

“Partisipasi warga sangat diharapkan oleh pemerintah kota Banda Aceh agar saling menjaga serta mengajak seluruh warga Banda Aceh untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam drainase.” pungkas Ramos. (Sbr)

Facebook Comments