Wali Kota Lantik Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banda Aceh

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menargetkan cabang olahraga pencak silat Banda Aceh mampu meraih juara umum pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2018 di Aceh Besar.

Harapan tersebut disampaikan wali kota pada acara pelantikan Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banda Aceh periode 2018-2022 di Aula Gedung Mawardy Nurdin, Sabtu (3/11/2018) malam.

“Kami ucapkan selamat atas dilantiknya Pengcab IPSI Banda Aceh yang baru, dan semoga mampu meraih prestasi gemilang di bawah kepemimpinan Pak Sabri Badruddin,” kata Aminullah yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina IPSI Banda Aceh ini.

Ia berharap kepengurusan IPSI Banda Aceh dapat kompak dan berkomitmen tinggi dalam memajukan olahraga pencak silat. “Prestasi yang kita akan toreh adalah tolak ukur keberhasilan. Tugas besar di depan mata adalah meraih juara umum pencak silat pada PORA mendatang,” katanya.

Wali kota juga meminta agar IPSI Banda Aceh menggelar banyak event guna menjaring atlet-atlet muda berbakat, di samping mencetak kader kepengurusan IPSI ke depan. “Selain itu, jika olahraga kita ingin maju maka kita harus bisa mencari sponsor, jangan hanya mengandalkan anggaran dari induk organisasi. Dengan begitu kita akan bisa mencetak prestasi terbaik,” katanya.

Terkait dengan olahraga pencak silat sendiri, ia menyebutnya sebagai budaya tradisional asli Indonesia yang sudah seharusnya patut untuk dipertahankan dan dilestarikan. “Kita patut berbangga karena pencak silat telah mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan meraih emas terbanyak pada Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang lalu,” pungkasnya.

Sementara itu, Sabri Badruddin yang terpilih secara aklamasi pada Muscab IPSI Banda Aceh beberapa waktu yang lalu, mengatakan, pihaknya memiliki empat misi dalam memajukan dunia pencak silat di Banda Aceh. “Kami akan mensosialisasikan pencak silat hingga ke sekolah-sekolah, mengintensifkan pembinaan atlet, meningkatkan prestasi, serta melestarikan pencak silat sebagai budaya bangsa,” katanya.

“Pak Wali Kota Aminullah seperti kita ketahui bersama sangat dekat dengan dunia olahraga. Dan pada kesempatan ini kami menyatakan siap bekerja keras untuk mendukung Pak Wali untuk menorehkan prestasi gemilang olahraga Banda Aceh,” katanya.

Pelantikan Pengcab IPSI Banda Aceh malam tadi dimeriahkan dengan sejumlah atraksi pencak silat yang ditampilkan atlet yang akan bertanding pada PORA mendatang. Sejumlah perguruan pencak silat yang aktif selama ini di Banda Aceh turut hadir di antaranya Perguruan Tapak Suci, Halilintar, Merpati Putih, Cempaka Putih, dan Satria Muda Indonesia.

Facebook Comments