Disdikbud Banda Aceh Gelar Pelatihan Guru PAUD

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadisdikbud Kota Banda Aceh DR. Saminan berharap peserta mampu untuk memotivasi guru lainnya.

“Dibawah bimbingan saudara agar mampu menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.” Sebut Saminan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh pada tahun 2018 ini melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendidikan bagi guru Taman Kanak-kanak diwilayah Kota Banda Aceh. Rabu, 17/10/2018.

“Banyak hal yang masih perlu kita benahi dalam peningkatan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik. Kita mempunyai banyak sekali guru yang telah memiliki sertifikat sebagai tenaga pendidik atau sudah lulus sertifikasi, tetapi kenyataannya banyak guru yang lulus sertifikasi tidak mempunyai jumlah jam mengajar yang cukup untuk bisa memperoleh tunjangan biaya sertifikasi.” Pungkas Saminan.

Saminan mengatakan, bahwa sehubungan dengan hal tersebut diatas, reformasi birokrasi yang dilakukan harus difokuskan pada upaya mewujudkan sosok guru yang memiliki integritas tinggi, profesional, tangguh, memiliki nilai-nilai moral dan kejujuran serta memenuhi standar kompetensi yang dilandasi dengan iman dan taqwa.

Sementara itu panitia pelaksana menyebutkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini tindak lanjut UKG tahun 2015, yang pada tahun 2016 bernama Program Guru Pembelajar (GP).

Muslim, kabid PTK Disdikbud berharap Program Pengembangan Keprofesian (PKB) atau sekarang disebut Pendidikan dan Pelatihan Guru (Diklat guru) memberikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nilai nasional 75.

Semua guru yang telah mengikuti UKG ini sebanyak 524 peserta, dibagi dalam 14 pusat pembelajar dengan moda tatap muka in on in : 20.30.10 dengan sumber dana APBD.

Kegiatan Instruksi Nasional (IN) sudah digelar sejak tanggal 9 oktober 2018 dan berakhir tanggal 28 oktober 2018.

“Untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) dimulai pada tanggal 28 sampai 31 oktober 2018 di Kota Banda Aceh dengan Instruktur Nasional dari Kota Banda Aceh.” Ungkap Muslim.

Facebook Comments