Diskominfotik Banda Aceh Gelar Pelatihan API

Banda Aceh – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) menggelar  Pelatihan Publikasi Data dengan Memanfaatkan Application Programmable Interface (API) Portal Data untuk Pemerintahan Kota.

Pelatihan yang digelar di Aula Madani Center ini diikuti 35 peserta dari perwakilan instansi Pemerintahan Kota Banda Aceh. Selasa, 18/07/2017.

Asna Mardhia, SSTP, Kasi Pengelolaan Aplikasi, Keamanan Informasi, Telekomunikasi dan Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh,  berharap dengan digelarnya pelatihan tersebut dapat membangun kapasitas pegawai dalam mempublikasikan data dalam format terbuka di portal data terbuka Pemerintahan Kota Banda Aceh melalui media API Portal data.

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi pemerintah yang berkualitas yang berdampak pada advokasi, penelitian dan pengembangan untuk perubahan sosial yang lebih baik.

“Meningkatkan cakupan dan ruang lingkup data terbuka yang dipublikasikan di portal data pemerintah dengan peningkatan jumlah dinas dan jumlah data set yang dipublikasikan,” ujar Asna.

Asna menambahkan, dalam rangka menjalankan amanah dari Peraturan Walikota No. 26 Tahun 2016 Tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Data, Pemerintah Kota Banda Aceh telah mengembangkan portal data baru yaitu Portal Open Data Banda Aceh (ODBA) yang telah dilengkapi dengan Application Programm Interface (API).

“ Tentunya hal ini bertujuan untuk memudahkan hubungan aplikasi dengan aplikasi yang lain dalam memastikan koordinasi antar penyedia data publikasi, dan untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan bagi para pengelola aplikasi (pogramer) tentang penggunaan API dan aplikasi Mantra sebagai penghubung antar aplikasi,” pungkas Asna.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan, Jakfar dari Dinas Perhubungan menyambut baik pelatihan ini dan menurutnya pelatihan ini sangat memberikan dampak positif serta lebih memahami konsep dan pentingnya data terbuka dalam mencapai tujuan transparansi, akuntabel, dan pemerintahan yang terbuka.

Pelatihan ini digelar selama dua hari diisi oleh Cut Dirayati dan Dwi Febri yang merupakan staf  pada bidang E- Goverment Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh.

Facebook Comments