Ini Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Banda Aceh Hingga 22 Februari 2021

Banda Aceh – Hingga Senin 22 Februari 2021, capaian program vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Kota Banda Aceh menduduki peringkat ketiga tertinggi di Aceh. Yakni mencapai 93,2 persen atau 5945 nakes.

“Per Senin 22 Februari, capaiannya adalah 93,2 persen, angkanya 5.945. Mudah-mudahan persentasenya dapat terus meningkat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes saat memimpin apel pagi di halaman Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Senin (22/2).

Vaksinasi Covid-19, kata Lukman, membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Dimana suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan yang kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk.

“Vaksinasi membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua untuk membangun jumlah antibody yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal,”tambahnya.

Sasaran tenaga kesehatan yang akan divaksin Covid-19 di Kota Banda Aceh berjumlah 6380, semuanya tersebar di 23 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Kadinkes Lukman mengharapkan semua nakes di Kota Banda Aceh dapat ikut serta menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Kita harapkan dengan program vaksinasi Covid-19 ini nantinya tidak ada lagi tenaga kesehatan di Kota Banda Aceh yang terkonfirmasi positif Covid-19, karena apabila satu orang nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka akan mempengaruhi penilaian terhadap penentuan zonasi status Covid-19 di Kota Banda Aceh.(Rat/Hz)

Facebook Comments