Disdikbud Banda Aceh lakukan Simulasi Ujian UBKD Jenjang SD dan SMP

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh mengikuti kegiatan simulasi skala besar tahap II Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 04 dan 05 November 2020.

Simulasi dilaksanakan di UPTD Tekkomdik dan SDN 24 untuk jenjang Sekolah Dasar, sedangkan untuk jenjang SMP di laksanakan di SMPN 19 Kota Banda Aceh. Kegiatan tersebut di ikuti oleh  80 peserta SD dan SMP, yang terdiri dari guru dan proktor.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dr. Saminan Ismail, M.Pd mengatakan kegiatan simulasi skala besar secara nasional ini dilakukan dalam rangka persiapan UBKD tahun 2021.

“Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan simulasi UBKD 2020 Tahap II yang terdiri dari satu orang koordinator jenjang SD/SMP,  dua orang tim teknis jenjang SD dan dua orang untuk jenjang SMP,” ujarnya.

Adapun kegiatan ini disosialisasikan kepada para guru dan proktor sekolah dan kedepan akan dilakukan simulasi serupa untuk  para siswa.

Lebih Lanjut, Kadis Dikbud Kota Banda Aceh menyambut positif pelaksanaan UBKD dan untuk kedepannya diharapkan siswa memiliki kompetensi literasi, numerasi yang baik serta terbentuk karakter dan kepedulian lingkungan.

“Oleh karena itu pemerintah melakukan persiapan UBKD untuk para guru dan proktor dan kemudian untuk siswa kelas lima jenjang SD dan kelas delapan jenjang SMP sehingga sistem UBKD yang dilaksanakan secara nasional ini akan mampu dilakukan dengan baik pada Bulan Maret Tahun 2021,” pungkasnya.(TM/Hz)

Facebook Comments