Aminullah Menyambut Baik Audiensi Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM, menyambut baik audiensi yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada Rabu (04/11/2020) di Pendopo Wali Kota.

Audiensi tersebut bertujuan untuk meminta dukungan Wali Kota pada Festival Ilmiah Ekonomi Islam kelima Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa tersebut pada 24-26 November yang diselenggarakan secara during.

Beberapa rangkaian kegiatan utamanya yaitu Webinar Nasional tentang Peran Ekonomi Islam di Masa Pandemi  dan Implementasi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Setelah Qanun ditetapkan pada tahun 2021, kemudian Kajian Milenial  dengan tema Religius dengan Entrepreneur Harus Satu Tidak Bisa Dipisahkan.

Dalam hal ini, Aminullah mengatakan webinar dengan tema Implementasi LKS Setelah Qanun ditetapkan pada Tahun 2021 tersebut nantinya diharapkan bisa melahirkan Kemendagri tentang adanya gangguan yang mengharuskan atau meminta  agar  disamping ada LKS tetap juga ada non LKS di Aceh.

“Jadi ini sudah dikembangkan, saya selaku ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh kami sudah duduk dengan pakar-pakar semua dan sudah membuat rekomendasi kepada gubernur/Pemerintah Aceh yang mengeluarkan Qanun Nomor 11 Tahun2018 itu,” kata Aminullah.

Aminullah memberi arahan kepada himpunan tersebut, agar nantinya dapat membuat perhimpunan bahwa tidak ada peluang lagi non LKS untuk di Aceh yang sudah lama berlaku syariat Islam dan bisa melahirkan rekomendasi kepada gubernur yang menguatkan bahwa di Aceh  hanya ada satu yaitu ekonomi syariah atau ekonomi Islam.

Aminullah menambahkan, salah satu solusi menghidupkan UMKM selama masa Covid-19 dengan melahirkan Program Pemuda Entrepreneur  (Propamen) yaitu program pembiayaan anak muda yang memiliki bakat  entrepreneur.

“Selain itu, untuk mengembangkan UMKM kita juga menghadirkan LKMS Mahira Muamalah  agar UMKM di Banda Aceh  tidak tersentuh rentenir,” kata Aminullah.

Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam, Muhammad Haiqal Maulana memberiapresiasi kepada Wali Kota Aminullah yang mendukung penuh Ekonomi Syariah.

“Apresiasi kami kepada pak wali yang baru meluncurkan propamen sebagai solusi bagi kami kaum milenial di masa pandemi ini, jika kekurangan dana bisa mengajukan ke Mahira Muamalah, menjadikan kami lebih semangat untuk  membangun usaha tidak capek memikirkan dana tentunya dengan syarat-syarat yang harus kami penuhi,” kata Haiqal.

Pada Audiensi ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Walikota atas pencapaiannya dalam usaha pemberantasan dan ketergantungan terhadap rentenir.(Rid/Hz)

Facebook Comments