Wali Kota: Kecamatan Baiturrahman The Best, Tuntas Salurkan BLT Gelombang II Tahap Kedua

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Baiturrahman yang telah berhasil menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa gelombang ke II tahan kedua.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota, Kamis (17/9/2020) di Pendopo Wali Kota.

Atas keberhasilan tersebut, Wali Kota Aminullah memuji Kecamatan Baiturrahman dengan kata ‘The Best’. Menurutnya, pihak Kecamatan Baiturrahman telah berhasil menuntaskan penyaluran BLT gelombang II tahap kedua bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan, yakni di pertengahan Bulan September.

Sementara untuk tahap pertama sudah disalurkan pada Bulan Agustus lalu.

“Tentunya ini langkah cepat, ini the best. selaku Wali Kota saya sangat mengapresiasi, dimana Camat dan jajaran bergerak cepat membangun komunikasi dengan pihak gampong sehingga BLT sebesar Rp300 ribu per KK dapat disalurkan tepat waktu, bahkan lebih cepat dari bulan-bulan sebelumnya,” kata Wali Kota.

Lanjut Wali Kota, perubahan BLT Dana Desa dilaksanakan berdasarkan Permendes Nomor 7 Tahun 2020 yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2020 Pasal 8D, dimana setiap warga yang terdampak (Covid-19) sesuai data yang telah disepakati pihak Gampong mendapatkan BLT gelombang II sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan (Agustus, September dan Oktober).

Lanjut Wali Kota, langkah cepat dari Kecamatan Baiturrahman memberikan kemudahan bagi masyarakat karena sedang mengalami kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Kita harap dengan selesainya penyaluran BLT ini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok,” harap Aminullah.

Wali Kota juga berharap BLT gelombang II untuk jatah bulan September ini juga dituntaskan penyalurannya di kecamatan-kecamatan lainnya di Banda Aceh.

Informasi dari Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal SSTP, 10 gampong di wilayah Kecamatan Baiturrahman sudah berhasil menyalurkan BLT-DD Gelombang II tahap kedua (Jatah Bulan September).

Katanya, penyaluran BLT-DD gelombang II tahap kedua ini dilakukan dari tanggal 14 s/d 17 September. Ada dua cara disalurkan, melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Mahirah Muamalah dan dengan cara mengantar langsung ke KPM.

Muhamad Rizal mengatakan, keberhasilan penyaluran BLT gelombang II tahap kedua ini tidak terlepas dari kerjasama dan koordinasi yang terus dibangun pihak kecamatan dengan gampong-gampong seraya terus bekerja keras merealisasikan penyaluran BLT yang tepat waktu sesuai arahan Wali Kota.

“Sesuai arahan Pak Wali yang menginginkan BLT ini disalurkan tepat waktu, kita terus bekerja keras bersama para keuchik dan aparatur gampong. Alhamdulillah bisa kita salurkan lebih cepat,” kata Camat M Rizal.

Camat mengungkapkan, BLT-DD Gelombang II tahap kedua yang telah disalurkan tersebut diperuntukkan bagi 1.052 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh gampong.

“Setiap KPM mendapatkan bantuan Rp300 ribu. Total dana yang disalurkan untuk BLT Gelombang II tahap kedua (Bulan September) ini mencapai Rp315.600.000,” ungkap M Rizal.

Atas keberhasilan ini, Camat Baiturrahman mengapresiasi para keuchik, tim keuangan gampong, tim kecamatan serta para pendamping yang telah bekerja keras menyelesaikan penyaluran bantuan langsung tunai tersebut.[]

Facebook Comments