Sukses Gelar Pemilu 2019, Wali Kota Apresiasi Netralitas KIP 

Banda Aceh – Sukses dalam menggelar pemilu 2019 pada 17 April lalu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Apresiasi juga dilontarkan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kepada lembaga tersebut.

“Kalau KIP sudah dipengaruhi, maka lembaga kepemimpinan itu sudah tidak bersih lagi. Saya yakin KIP sangat independen,” ungkap Aminullah dalam sambutannya pada acara pembubaran badan Adhoc KIP Kota Banda Aceh, Sabtu (30/11/2019) malam di UCC KH Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadyah, Batoh, Banda Aceh.

Acara tersebut juga digelar sekaligus pemberian piagam penghargaan Pemilu 2019 kepada Wali Kota, ketua DPRK beserta seluruh unsur Forkompinda dan seluruh jajarannya, unsur media hingga seluruh pihak yang turut menyukseskan pemilu di Kota Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, pesta demokrasi April lalu sangat memuaskan. Disamping meningkatnya partisipasi masyarakat, ia juga menyebutkan KIP telah menjalankan prosedur dengan seadil-adilnya.

“Saya ingin kita serahkan kepada masyarakat untuk bebas memilih siapa pemimpin yang akan datang. Tanpa ada penggiringan dari pihak manapun,” ujar Aminullah.

Disamping itu, Aminullah juga kembali menyampaikan apresiasi terhadap KIP Kota Banda Aceh yang telah berhasil menggelar pemilu serentak dengan agenda pemilihan Presiden, anggota DPRK, DPRA, DPR-RI dan DPD-RI di Banda Aceh.

Aminullah menilai keberhasilan KIP menggelar pemilu ditandai dengan tidak adanya gejolak baik sebelum Pemilu, pada hari H maupun pasca Pemilu.

“Alhamdulillah Banda Aceh juga mendapatkan penghargaan terbaik soal penanganan konflik sosial dari Menkopolhukam Wiranto, salah-satu penilaian juga dari suksenya pemilu,” ungkapnya.

Ia mengharapkan kedepannya sosialisasi mengenai pemilu terus ditingkatkan supaya masyarakat sadar akan perannya dan hadir untuk ikut memilih.

“Harapan kita, kedepan partisipasi masyarakat semakin meningkat, karena satu suara saja sangat menentukan masa depan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyampaikan apresiasi kepada pihak keamanan, dalam hal ini Polresta dan Kodim 0101/BS serta pihak lain yang telah berkontribusi menghadirkan suasana aman dan tentram pada saat pesta demokrasi berlangsung.

“Apresiasi juga kita berikan untuk Polrestas, Kodim 0101/BS dan pihak lain yang telah berkontribusi sehingga Pemilu di Banda Aceh berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” ujar Aminullah.

Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady, dalam kesempatan ini turut menyampaikan kesan dan pesan kala menjalankan amanahnya sebagai penyelenggara pemilihan di Banda Aceh. Sebagai bentuk apresiasinya, lanjutnya, KIP memberikan plakat penghargaan kepada seluruh pihak yang turut membantu pemilu 2019.

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat, para unsur forkopimda, dan khususnya Pemerintah Kota yang telah maksimal dalam mendukung baik itu secara moril maupun materil,” tandasnya.

Facebook Comments