Dilepas Wali Kota, Wisata Time Rally Dispora Aceh Resmi Dimulai

Banda Aceh – Wisata Time Rally Dispora Aceh tahun 2019 resmi dimulai. Start rally ini dilepas Wali Kota Banda Aceh, Aminullah, Minggu (1/9/2019) di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya Banda Aceh.

Mewakili Plt Gubernur Aceh, Wali Kota dalam sambutannya mengatakan kegiatan rally wisata menjadi kegiatan penting sebagai wujud pelaksanaan visi dan misi Pemerintah Aceh melalui program ‘Aceh Teuga’.

Karenanya, Dispora diharapkan terus berupaya menyelenggarakan event olahraga, baik yang bersifat pemassalan, prestasi maupun rekreasi.

Lanjutnya, event Wisata Time Rally Wisata juga memberi dampak lain yang dapat dirasakan langsung masyarakat, yakni peningkatan aktifitas ekonomi dimana para peserta yang hadir ke Banda Aceh tentunya akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan akomodasi, makan, penginapan, transportasi, souvenir dan kebutuhan lainnya.

Kedepan, Aminullah berharap event tersebut dapat digelar lebih besar lagi yang melibatkan peserta lebih banyak dari luar, baik dari daerah lain di Indonesia maupun manca negara. 

“Karena lewat event ini kita bisa memperkenalkan potensi daerah kita yang akan dilalui para peserta, baik yang bersifat sportturism maupun potensi alam. Harapannya akan menarik minat wisatawan lebih banyak datang ke Aceh,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga mengingatkan kepada para peserta bahwa event rally wisata tersebut bukan sebagai ajang adu kecepatan kenderaan, tapi peserta dituntut untuk memecahkan soal dan rute yang diberikan panitia serta kedisiplinan para peserta dalam mematuhi aturan dan tata tertib lalu-lintas, termasuk rambu-rambu larangan dan petunjuk arah yang ada disetiap rute yang dilalui agar masyarakat tidak merasa terganggu dengan pelaksanaan kegiatan ini.

Sementara itu Kadispora Aceh, Darmansyah mengatakan pihaknya akan menjadikan Wisata Time Rally Dispora sebagai event yang akan digelar setiap tahun.

Seperti yang disampaikan Pak Wali Kota, lanjut Darmansyah event tersebut memberikan dampak luas bagi masyarakat. Bukan hanya dari kebangkitan olahraga, tapi juga berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat.

Katanya juga, dari sisi kesiapan, Aceh sudah menunjukkan diri mampu menggar event-event besar, baik skala nasional maupun Internasional. Hal ini juga mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat.

Karenanya, sudah saatnya Aceh memperbanyak event yang berskala besar agar Aceh dan Banda Aceh semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Laporan dari Ketua panitia pelaksana, Azlim kegiatan ini mendapat antusias tinggi para peserta. Dari kemarin peserta sudah berkumpul di Stadion Harapan Bangsa mengikuti scrutineering dan technical meeting yang digelar panitia.

Hari ini, seluruh peserta akan berusaha memecahkan kode-kode dan mengisi soal-soal yang telah disiapkan. 

Pada event ini, para peserta diarahkan melewati sejumlah titik lokasi wisata yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya. 

“Ada sekitar 70 Km rute yang akan dilewati peserta. Harapannya akan menarik minat peserta mempromosikan wisata karena mereka melewati sejumlah lokasi wisata di Banda Aceh dan sekitarnya,” ujar Azlim. 

Pada seremonial pembukaan, event ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Provinsi Aceh,  Ketua Harian IMI Aceh David JP, Kadiv Umum Bank Aceh Syariah Said Hambali, GM Hermes Hotel Syafrial Munas, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kota Banda Aceh, Bachtiar dan Sektretaris Dinas Perkim Kota Banda Aceh, Rosdi.

Facebook Comments