Tekad Aminullah Bawa Mie Aceh Jadi Kuliner Selera Dunia

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad untuk membawa Mie Aceh menjadi selera dunia. Menurutnya hal itu tidak mustahil karena kini Mie Aceh sudah begitu terkenal di Nusantara.

“Di level nasional, Mie Aceh sudah sangat dikenal dan pas di lidah masyarakat Indonesia. Dan kini saatnya membawa Mie Aceh ke level yang lebih tinggi; menjadi selera dunia,” ungkapnya.

Tekad tersebut diungkapkannya saat membuka Festival Mie Aceh 2019 di Lapangan Blang Padang, Sabtu (15/6/2019). Rangkaian acara HUT Banda Aceh ke-814 itu akan berlangsung hingga Selasa (18/6).

“Ajang ini kesempatan emas bagi kita untuk memperkenalkan beragam racikan Mie Aceh dan proses memasaknya kepada para wisatawan dan penikmat kuliner lokal maupun mancanegara. Dan tahun depan kita targetkan dapat memecahkan rekor MURI; penyajian Mie Aceh dengan porsi terbanyak,” ungkap wali kota.

Kepada para penjual ia berpesan agar selalu menjaga kualitas dan cita rasa Mie Aceh yang bumbunya kaya rempah-rempah. “Jauhi juga penggunaan zat bahaya seperti formalin dan boraks. Kemudian berikan pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung,” pesannya.

Ia menambahkan, ajang yang menyedot ribuan  pengunjung ini dikatakan akan memberi multiplier efeect bagi Banda Aceh. “Jelas akan menggerakan roda ekonomi dan sektor-sektor lainnya. Pedagang kecil akan hidup, begitu juga usaha transportasi, Warkop, dan hotel,” katanya.

Hal lain, festival yang turut menampilkan atraksi seni budaya ini juga akan menjadi hiburan bagi masyarakat. “Nanti pas malam terakhir bertepatan dengan resepsi HUT kota, kita akan suguhkan konser islami dengan menghadirkan Nissa Sabyan,” pungkas wali kota.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Banda Aceh Iskandar melaporkan, Festival Mie Aceh 2019 dimeriahkan oleh 20 stand yang menyajikan beragam mie dari sejumlah brand ternama di Aceh. “Selain mie, juga ada stand khusus bumbu dan beberapa produk UMKM.”

“Berlangsung hingga Selasa (18/6), arena festival buka mulai jam 14.00-23.00 WIB. Dan setiap harinya kita akan menyediakan 100 piring Mie Aceh gratis kepada pengunjung. Pengunjung juga yang akan menentukan stand terbaik sebagai pemenang nantinya,” kata Iskandar.

Pembukaan Festival Mie Aceh dibuka oleh Wali Kota Aminullah dengan prosesi memasak Mie Aceh didampingi presenter kuliner kondang nasional Benu Buloe. Turut hadir dalam acara itu Kapolresta Banda Aceh Trisno Riyanto dan unsur Forkopimda lainnya, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Sekda Bahagia, dan sejumlah pejabat lainnya. 

Facebook Comments