Wali Kota Sebut Imum Mukim Emban Tanggung Jawab yang Besar

Banda Aceh – Drs H Bachtiar Nitura MM resmi menjabat sebagai Imum Mukim Lueng Bata periode 2017-2022 menggantikan imum mukim periode sebelumnya Muchtar Hasan.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bachtiar dipimpin oleh Camat Lueng Bata Mustafa SSos, Senin (11/12/2017) malam di Masjid Jamik Lueng Bata. Turut hadir di sana Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SEAk MM dan wakilnya Drs H Zainal Arifin beserta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan harapannya kepada Imum Mukim Lueng Bata yang baru untuk bekerja dengan sungguh-sungguh mengingat besarnya tanggung jawab yang diemban. “Imum mukim tugasnya sebagai perantara untuk meringankan tugas keuchik dan camat. Fungsi koordinasinya sangat besar karena harus mempu mengayomi sembilan gampong dalam Kemukiman Lueng Bata.”

“Hal-hal yang perlu dipantau antara lain mengenai penyelesaian sengketa adat di gampong, dan penerapan hukum adat. Ini tugas berat, karena sedikit saja meleset penyelesaiannya dapat berpotensi terjadi perpecahan dalam masyarakat. Di samping itu, pelaksanaan syariat islam juga harus dikawal dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Terkait persoalan ekonomi masyarakat, sambung Aminullah, imum mukim juga harus berperan dalam mencarikan solusi untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan. “Misalnya dengan mengarahkan usaha ekonomi kreatif yang cocok untuk suatu gampong karena sektor andalan Banda Aceh adalah perdagangan dan jasa, di samping pariwisata,” ungkapnya.

Hal lainnya, wali kota juga meminta imum mukim untuk ikut mengawasai Alokasi Dana Gampong (ADG). “Pastikan penggunaan dana gampong tepat sasaran, dan jangan sampai terjadi penyelewengan sehingga dapat menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.”

Kepada segenap unsur Muspika Lueng Bata, tokoh masyarakat dan seluruh warga, Aminullah mengharapkan agar dapat mendukung imum mukim yang baru sehingga cita-cita Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah bisa terwujud.

“Saya beserta Pak Zainal juga mengharapkan dukungan dari imum mukim untuk menyukseskan visi misi Pemko Banda Aceh yang sejatinya digerakkan oleh gampong-gampong. Kami selalu terbuka untuk segala saran dan masukan dalam membawa Banda Aceh ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bachtiar Nitura dalam sambutannya berharap dukungan dari segenap unsur masyarakat di Kemukiman Lueng Bata untuk mewujudkan masyarakat sejahtera lahir dan batin, serta bahagia dunia dan akhirat.

“Mari bersatu padu menyambut masa depan Kemukiman Lueng Bata yang gemilang dalam bingkai syariah, baik dalam adat isitiadat, kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.
“Jika dulu kita berjuang melawan penjajah, maka saat ini kita harus berjuang melawan penjajahan ekonomi, budaya, dan ide-ide yang jauh dari kemurnian pemikiran orang Aceh. Mari kita bentengi dengan menghidupkan kembali budaya-budaya Aceh yang berbasis islam.”

Ia juga mengharapkan dukungan dari kaum ibu dalam menyiapkan generasi masa depan dengan membekali putra-putrinya dengan ilmu agama, adat isitiadat, etika dan akhlakulkarimah. “Dengan begitu anak-anak kita akan selamat dari gempuran pihak-pihak luar yang ingin melemahkan umat muslim,” harapnya.

Acara yang diawali dengan prosesi peusijuk terhadap Amin-Zainal oleh tokoh masyarakat setempat tersebut diakhiri dengan makan kenduri bersama ratusan masyarakat yang hadir.

Facebook Comments